Tahun berganti, maka tren juga pastinya ikut berganti. Setelah banyaknya turis yang mengunjungi berbagai macam destinasi unik di Indonesia pada tahun 2018 kemarin, tahun ini diprediksi banyak dari mereka yang akan datang untuk merasakan pengalaman yang berbeda dari sebelumnya.

Dari ribuan keindahan yang tersebar di penjuru Nusantara, ada 4 titik wisata yang diprediksi bakal ramai oleh pelancong lokal maupun mancanegara.

1. Pantai Oetune, Pulau Timor, Nusa Tenggara Timur


(Sumber: Instagram @giovanni_tendean)

Bukan, ini bukanlah Gurun Sahara, namun hanya sebuah kumpulan pasir yang indah di sebuah pantai yang bernama Oetune. Terletak di Pulau Timor, Nusa Tenggara Timur, pantai ini menjadi viral di kalangan turis karena seorang travel influencer bernama Giovanni Tendean (IG: @giovanni_tendean) memposting gambar tersebut di akun Instagramnya.

Pantai yang terletak di Kabupaten Timor Tengah Selatan ini bisa dibilang mudah untuk dijangkau. Cukup dengan menempuh perjalanan selama 2,5 jam dari Kupang, pengunjung bisa langsung menikmati kombinasi pesona kecantikan pasir yang menakjubkan dan laut yang menenangkan di pantai ini.

2. Pantai Kelingking, Nusa Penida, Bali


(Sumber: Instagram @sjoerdbracke dan @brendinkelly)

Bali bukan cuma soal Pantai Kuta atau Gunung Agung. Lebih dari itu, ada segudang rahasia yang menanti mereka yang gemar mencari tempat-tempat tersembunyi. Salah satu yang sempat viral di akhir tahun 2018 kemarin adalah Pantai Kelingking.

Berlokasi di Nusa Penida, pantai yang memiliki tebing dengan bentuk seperti leher Tyrannosaurus Rex (T-Rex) ini menjadi bahan perbincangan para netizen traveller baru-baru ini karena dua foto keren dari Sjoerd Bracke (IG: @sjoerdbracke) dan Brendin Kelly (IG: @brendinkelly) ini di-repost oleh akun Instagram Indonesia Travel (IG: @indtravel).

3. Desa Wae Rebo, Flores, Nusa Tenggara Timur


(Sumber: Instagram @vander_armando)

Sering disebut-sebut sebagai “surga di atas awan” karena lokasinya yang berada di 1,500 meter di atas permukaan laut, Desa Wae Rebo yang terletak di Flores, NTT ini mulai banyak dikunjungi dan dipromosikan oleh wisatawan lokal di akhir tahun 2018 kemarin. Lihat saja foto Instagram dari Vander Armando (IG: @vander_armando) ini.

Perjalanannya mungkin akan memerlukan tenaga ekstra karena untuk sampai ke sini harus menempuh kurang lebih 3 sampai dengan 4 jam dengan jalan kaki. Namun, itu semua akan terbayar karena pemandangan yang ditawarkan sendiri sangatlah indah seperti sebuah fantasi. Tidak heran bila turis akan mulai berbondong-bondong datang ke sini.

4. Desa Temukus, Karangasem, Bali


(Sumber: Instagram @kseniahevchuk)

Siapa yang tidak ingin berada di antara bunga-bunga cantik dan padang rumput yang luas? Membayangkannya saja sudah seperti mimpi, bukan? Nah, kontender destinasi wisata terheboh di Indonesia pada tahun 2019 ini lagi-lagi datang dari Bali, tepatnya di Desa Temukus, Kecamatan Karangasem.

Ada dua ladang bunga yang bisa kamu nikmati sambil berfoto ria di desa yang terletak di bagian utara Pulau Bali ini, yaitu Padang Bunga Kasna dan Taman Gemitir.

Bagi yang ingin menikmati surga putih nan anggun, Padang Bunga Kasna sangat cocok untuk dikunjungi. Namun bagi yang butuh keceriaan, Taman Gemitir akan menjadi tempat yang paling indah bagi hatimu untuk berlabuh.

Pemandangan seperti ini jarang ditemukan bukan hanya di Bali, namun juga di Indonesia. Hal inilah yang akan memicu para turis lokal dan mancanegara untuk datang ke sana.

Tommy Pranama