Tak ada yang abadi di dunia ini. Termasuk apa pun yang diciptakan oleh manusia. Ketika manusia tak lagi tertarik pada suatu hal atau meninggalkannya, maka alam akan mengambilnya, dan membentuknya menjadi sesuatu yang baru, yang punya nilai estetika dengan segala keunikannya. Dan tentu yang tak kalah menarik adalah kisah yang hadir di balik keunikan tersebut, yang membuatnya punya nilai tersendiri. Seperti beberapa tempat terbengkalai berikut ini, yang menarik untuk Anda kunjungi.

Danau Kaolin

Lokasi: Desa Air Raya, Tanjung Pandan, Belitung

Selama ini wisatawan yang berkunjung ke Belitung selalu dimanjakan dengan keindahan pantai-pantai yang ada di pulau ini. Namun, ada pula daya tarik wisata yang terbentuk dari sebuah tambang yang sudah ditinggalkan. Bekas tambang ini membentuk sebuah danau yang indah dan terkenal dengan nama Danau Kaolin Belitung. Dulunya, kaolin atau clay, adalah salah satu kekayaan hasil tambang dari Belitung, yang dikirim ke luar pulau sebagai bahan baku cat atau kosmetik. Untuk menghindari kerusakan alam yang ditimbulkan dari penambangan ini, akhirnya kegiatan penambangan pun dihentikan. Siapa sangka kubangan besar yang terbentuk akibat dampak kerusakan alam justru berubah menjadi panorama yang indah untuk dinikmati.

Kuburan Kereta

Lokasi: Jl. Kolonel Singawinata No. 1, Purwakarta, Jawa Barat

Kuburan yang satu ini memang jauh dari kesan mistis dan angker. Karena kuburan yang satu ini merupakan tumpukan gerbong-gerbong kereta yang berwarna-warni sehingga menghasilkan pemandangan yang unik. Bangkai kereta tersebut ditumpuk hingga beberapa bagian, dan ketika Anda perhatikan, tumpukan tersebut tampak seperti sebuah karya seni dengan warna-warni yang indah. Karena keunikan dan keindahannya, kuburan kereta Purwakarta menjadi viral di media sosial.

Hotel dan Taman Rekreasi Bedugul

Lokasi: Jl. Raya Bedugul, Baturiti, Bedugul,Bali

Banyak yang menyebut tempat ini dengan sebutan Hotel Pondok Indah Bedugul. Dulunya tempat ini dibangun oleh keluarga Cendana, nama lain untuk keluarga besar mantan presiden RI Soeharto, pada tahun 1997. Namun tidak sempat beroperasi dan dibiarkan begitu saja terbengkalai. Walau tempat ini dianggap berhantu, namun banyak wisatawan asing yang penasaran berkunjung ke sini. Hotel ini dibangun menggunakan marmer dengan ornamen dan ukiran etnik yang megah. Sekarang, hampir beberapa bagian permukaan hotel ini ditumbuhi tanaman merambat, dan menambah kemisteriusan dari bangunan ini.

Gereja Ayam

Lokasi: Dusun Gombong, Desa Kembanglimus, Magelang, Jawa Tengah

Bangunan ini sebenarnya merupakan rumah doa yang berbentuk burung merpati. Namun warga setempat menyebutnya Gereja Ayam karena mirip seperti ayam yang sedang dalam posisi duduk dengan mahkota di bagian atas kepala. Sang pemilik adalah Daniel Alamsjah, ia mengaku membangun tempat ini karena merasa seperti mendapat petunjuk dari Tuhan. Sebenarnya fungsi utama bagunan ini bukanlah sebuah gereja, namun rumah doa yang diperuntukkan bagi siapa pun yang percaya pada Tuhan. Sayangnya, karena keterbatasan dana, pengerjaan bagunan ini terhenti. Tempat ini sempat menjadi rumah doa, pusat rehabilitasi, hingga terapi untuk anak-anak cacat. Namun tempat ini akhirnya ditutup pada tahun 2000 karena sudah dianggap tidak layak untuk dipakai. Tapi sejak AADC 2 melakukan shooting di tempat ini, Gereja Ayam makin mengundang rasa penasaran wisatawan lokal dan mancanegara, akan keunikan dan keindahan alam sekitar.

Pesawat Boeing 737

Lokasi: Bukit Peninsula, Nusa Dua, Bali

Bayangkan ada sebuah pesawat Boeing 737 utuh terdampar di sebuah lapangan rumput yang dikelilingi pepohonan dan dibatasi dengan dinding tebing bekas tambang kapur. Pesawat tanpa logo penerbangan ini awalnya akan dibuat sebagai restoran. Namun karena keterbatasan dana, akhirnya proses renovasi tidak diteruskan, dan pesawat ini dibiarkan terbengkalai. Uniknya, tidak ada yang tahu bagaimana pesawat ini bisa sampai ke lokasi lokasi tersebut. Keindahan alam sekitar bukit Peninsula Bali ini menjadikan lokasi pesawat tersebut sebagai tempat tujuan wisata. Posisi pesawat yang menghadap ke tebing kapur memberikan panorama yang indah dan menarik untuk dinikmati. Tak heran banyak turis yang menyempatkan berkunjung ke lokasi ini.

Saat berkunjung ke tempat ini, jangan lupa membawa perlengkapan kamera terbaik kamu, supaya Instagram kamu makin nambah followers-nya dan yang pasti, bikin iri banyak orang.