Jadi YouTuber sepertinya terlihat sepele dan tidak sulit buat dilakukan semua orang. Profesi satu ini menjadi salah satu pekerjaan yang menyenangkan sekaligus fenomenal. Terlebih lagi kalau sudah mengetahui rate dari YouTuber terkenal, mungkin kamu bakal menyesal karena tidak pernah mencita-citakan profesi yang hits banget ini.

Mulanya memang terlihat seperti hal yang sepele, sampai kamu mencoba sendiri bikin satu video, upload, dan lihat jumlah viewers-nya. Akan sangat terasa bahwa profesi ini ternyata tidak semudah kelihatannya. Jadi, tidak heran kalau bayaran YouTuber yang jumlah pengikutnya jutaan itu mahal-mahal.

Nah, kamu akan semakin tercengang kalau lihat jumlah pendapatan fantastis yang dihasilkan para YouTuber terkaya di Jakarta berikut ini.

1. Jess No Limit (Rp916 juta – Rp14,6 miliar)

Para gamers Mobile Legends pasti sudah tidak asing dengan YouTuber satu ini. Meski bisa dikatakan baru bergabung di dunia YouTube Indonesia, penghasilannya setiap bulan mencapai angka Rp916 juta hingga Rp14,6 miliar. Kisaran angka yang sangat fantanstis untuk sebuah tayangan YouTube bertema gaming.

Ya, tidak heran kalau bayarannya mahal, soalnya gamers punya skill yang bisa dikatakan sebagai nilai jual istimewa ketimbang YouTubers lainnya. Skill main game saja sudah jadi nilai tambah yang luar biasa, ditambah lagi dengan kreativitasnya membuat konten di YouTube. Jadi, tidak heran kalau penghasilan setiap bulannya mencapai belasan miliar.

2 Atta Halilintar (Rp633 juta –Rp10,1 miliar)

YouTuber satu ini populer dengan berbagai intrik dalam karya videonya. Meski tidak pernah menonton channel YouTube-nya, kamu pasti familier dengan nama Atta Halilintar. Gimmick “Ahsiaaap!” yang dilontarkan Atta Halilintar juga menjadi salah satu gimmick populer yang banyak digunakan orang dalam percakapan sehari-hari.

Kalau kamu jadi salah satu orang yang memang menggunakan gimmick tersebut, karya Atta Halilintar harus diakui fenomenal, terlebih kalau kamu belum pernah nonton videonya. Karya Atta Halilintar terbukti sudah jadi gaya hidup, bukan hanya tontonan YouTube saja.

Lewat karya-karya fenomenalnya, YouTuber dengan 17 juta subsriber ini menghasilkan Rp633 juta hingga Rp10,1 miliar setiap bulan.

3. Rans Entertainment (Rp439 juta – Rp7 miliar)

Pasangan artis Raffi Ahmad dan Nagita Slavina memang tidak hanya fenomenal dari sisi karier, tetapi juga kehidupan pribadinya. Tidak hanya berkarya sebagai aktor dan aktris di layar kaca, mereka juga membuat channel Rans Entertainment di YouTube. Banyak video kolaborasi dengan berbagai artis yang berhasil viral lewat channel mereka.

Tidak dapat dimungkiri pula bahwa popularitas pasangan Raffi dan Nagita di layar kaca juga punya andil dalam keberhasilan karyanya di YouTube. Video seputar kegiatan sehari-hari mereka dengan Rafatar, sang anak, juga selalu mendapatkan sambutan yang cukup tinggi dari para subscriber-nya. Lewat berbagai videonya, Rans Entertainment bisa mendapatkan Rp439 juta hingga Rp7 miliar setiap bulan.

4. Ria Ricis (Rp227 juta – Rp3,6 miliar)

Gadis berparas manis yang merupakan adik dari aktris Oki Setiana Dewi ini juga punya perangai yang sangat menarik. Di balik wajahnya yang kalem dan sangat mirip dengan sang kakak, Ricis – begitu dia akrab disapa – memiliki kemampuan interaksi yang sangat disukai oleh audience YouTube. Ria Ricis bahkan berhasil mendapatkan julukan Queen of YouTube Indonesia dengan pendapatan mencapai Rp227 juta – Rp3,6 miliar per bulan.

Hal yang menarik mengingat popularitasnya di YouTube dimulai saat Ricis mengulas mainan squishy. Nah, video ini menarik perhatian anak-anak yang sangat terhibur dengan ekpresi Ria saat memberikan ulasan tentang mainan menggemaskan yang populer tersebut. Nama Ricis juga semakin menjulang dengan keberhasilan kolaborasinya dengan berbagai artis tanah air.

5. Zara Nugroho (Rp250 juta – Rp4 miliar)

Target penonton YouTube menyasar berbagai kalangan usia. Tidak dapat dimungkiri bahwa anak-anak menjadi salah satu target yang potensial bagi para YouTubers. Nah, Zara Nugroho jadi salah satu YouTuber cilik yang populer di kalangan anak-anak. Zara yang dimaksud ini bukan Zara JKT48 di film Keluarga Cemara, tapi anak dari mantan pemain bulu tangkis nasional, Anggun Nugroho.

Melalui berbagai konten review, unboxing, dan vlognya, pendapatan Zara dari konten YouTube sudah mencapai Rp250 juta – Rp4 miliar per bulan. Buat YouTuber berusia 7 tahun, angka ini tentunya sangat fantastis. Tidak heran kalau di usianya yang masih sangat belia, Zara sudah jadi salah satu YouTuber terkaya.

Kalau berhasil meraup pendapatan ratusan juta hingga miliaran rupiah setiap bulan, sudah tidak heran lagi ‘kan kalau semakin banyak kreator YouTube yang memasarkan kontennya dengan begitu gencar. Mungkin kamu juga mulai berpikir untuk membuat konten yang setidaknya bisa menambah subscriber dulu deh ya.

Instagram: @raffinagita1717, @jessnolimit, @attahalilintar, @riaricis1795,

Oleh: Ade K Irawan