Festival Film Indonesia (FFI) 2019 siap kembali digelar. Malam puncaknya akan digelar pada Desember mendatang.

Menuju malam puncak sudah disusun agenda agenda yang akan menyemarakkan FFI 2019 kelak. Kali ini dengan mengusung tema #FilmBagusCitraIndonesia, salah satu agenda atau program yang seru adalah pemutaran film di berbagai lokasi sekitar stasiun MRT.

Hal itu disampaikan oleh Lukman Sardi, selaku Ketua Komite FFI tahun 2018-2020. Katanya program program yang disusun termasuk pemutaran film di MRT adalah sebuah rancangan mendekatkan FFI kepada masyarakat.

"Bersama Badan Perfilman Indonesia (BPI) dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Komite FFI melakukan evaluasi untuk mencari tahu apa yang harus diperbaiki tahun ini.

"Terutama yang penting adalah penilaian, supaya kita dapat menghasilkan yang lebih baik lagi,” ucap Lukman Sardi di kawasan Dharmawangsa, Jakarta Selatan, Senin, 23 September 2019 seperti yang dilansir dari Viva.co.id.

Lukman menjelaskan bahwa Komite FFI bekerja sama dengan beberapa pihak melakukan banyak evaluasi di penyelenggaraan FFI tahun 2019 ini.

Hal itu dimaksudkan untuk menghasilkan sebuah film luar biasa yang menjadi juara.Menandai penyelenggaraan ke-39, Komite FFI melalui penghargaan Piala Citra ingin semakin mengukuhkan posisinya sebagai otoritas kualitas film Indonesia.



Ada tiga kriteria yang digunakan sebagai dasar penilaian, yaitu gagasan dan tema, kualitas estetika, serta profesionalisme.

Lukman menambahkan bahwa penyelenggaraan FFI tahun 2019 ini berperan sangat penting untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia agar dapat mengimbangi produksi film Indonesia yang semakin berkembang pesat.

“Kita tahu bahwa produksi film Indonesia meningkat pesat. Tapi Itu tidak beriringan dengan SDM itu sendiri. FFI punya peran untuk meningkatkan hal itu,” ucapnya.

Film yang berhak mengikuti seleksi adalah film yang sudah ditonton di bioskop periode 1 Oktober 2018-30 September 2019 (umum/ berbayar/ pemutaran khusus). Berikutnya akan diumumkan nama-nama yang terdapat dalam tim seleksi, juga berbagai kegiatan lain yang akan dilakukan menuju Piala Citra 2019.

Di bulan November nanti, Festival Film Indonesia akan mengadakan Malam Pengumuman Nominasi dan eksibisi Piala Citra 2019. Setelahnya dilakukan pemutaran film nominasi Piala Citra 2019 dan temu sapa di 3-5 kota yang memiliki bioskop dan sekolah seni.

Instagram: @lukmansrd