Seluruh dunia sudah keranjingan dengan budaya Korea Selatan yang berbeda dan punya ciri khas. Bisa dibilang Korean Pop atau K-Pop sedang ada di puncaknya saat ini. Sudah banyak artis, boygroup, dan girlband yang masuk ke dalam chart tangga lagu dunia, bahkan Indonesia.

Namun, apa mereka akan bertahan di tahun 2019 nanti? Jawabannya bukan lagi mungkin atau bisa jadi, tapi sudah pasti K-Pop masih akan Berjaya di tahun 2019. Tidak percaya? Simak beberapa alasannya di bawah ini!

1. Artis K-Pop Semakin Banyak yang Merambah Dunia Akting


(Wanna One)

Ini bukan barang baru sebenarnya. Banyak penyanyi atau pemain musik yang melakukannya. “Mencoba hal baru,” sering jadi alasannya. Namun, di situlah strategi marketing yang sering berhasil. Suhu EXO jadi salah satu contoh suksesnya dalam beberapa serial TV.

Langkah ini mungkin akan diikuti oleh beberapa personel Wanna One yang sudah resmi dinyatakan bubar tepat tanggal 31 Desember 2018. Sejumlah personilnya dijanjikan akan bergabung dalam sejumlah judul drama Korea di tahun 2019. Itu pun sudah buat para fans mereka setia untuk menantikannya.

2. Mati Satu Tumbuh Seribu

(Blackpink)

Sejak awal tahun 2000-an, sudah ada puluhan girlband dan boyband K-Pop yang dibentuk dan meramaikan musik K-Pop. Namun, hanya sedikit yang bertahan hingga sekarang karena banyak yang bubar. Sebut saja Miss A, Sistar, UNB, dan yang bubar di akhir tahun 2018 ini adalah Wanna One. Lalu, apa karena girlband dan boyband bubar akan buat K-Pop jadi langsung mati begitu saja?

Toh, kita sekarang masih bisa menyebutkan puluhan boyband dan girlband Korea lainnya yang masih Berjaya di dunia musik, seperti Blackpink, BTS, dan Big Bang. Malah kabarnya, sudah banyak grup vokal yang akan memulai debut pada 2019.

3. Pulang dari Wajib Militer


(Taeyang)

Kabar baiknya, banyak personil boygroup K-Pop yang menyudahi masa wamilnya tahun 2019. Anggota Big Bang; Daesung, G-Dragon, Taeyang, dan T.O.P, akan kembali lagi naik panggung pada tahun 2019. Belum lagi, Taecyeon dari 2PM dan Yonghwa dari CNBLUE yang juga akan kembali ke grup mereka setelah menjalani kewajiban negara. Sudah pasti, banyak fans yang kembali akan meneriakan nama mereka dari bawa panggung.

4. Rencana Konser dan World Tour 2019


(Red Velvet)

Percaya tidak percaya, sebuah situs travel yang populer harus menerima banyak komentar tentang jadwal tour girlband dan boyband yang akan dilaksanakan tahun 2019. Bukan tidak mungkin konser grup K-Pop bisa lebih besar dibandingkan konser band rock dalam beberapa waktu ke depan.

Beberapa grup pun sudah buat jadwal tur. Salah satunya Red Velvet yang akan keliling lima kota di Amerika Serikat pada bulan Februari 2019 mendatang. Bahkan, boyband BTS sudah merencanakan tur Asia mereka mulai Januari sampai April 2019.

5. Internet dan Layanan Streaming Buat K-Pop Semakin Populer

Sekarang semudah berhitung 1-2-3 atau membalikkan telapak tangan untuk mendengarkan musik K-Pop. Kamu tinggal pergi ke YouTube dan cari grup favorit kamu untuk mendengarkan lagu-lagu mereka. Enggak ngerti bahasa Korea? Tenang, ada pengaturan lirik dan artinya. Jadi, kamu bisa ikut sing along dan tahu arti lagunya.

Layanan music streaming pun sudah semakin banyak dan bisa diakses melalui smartphone. Jadi, kamu bisa. Bukan hanya musik, drama Korea pun jadi andalan untuk menyebarkan budaya K-Pop ke seluruh dunia.

6. K-Pop Grup Juga Punya Produk Kecantikan


(BTS)

BTS dan VT mengeluarkan lini kosmetik untuk para pecinta K-Pop. Dalam waktu singkat pun, mereka sudah berhasil menjual produk mereka ke beberapa negara. Tahun 2018 baru permulaan dan tahun 2019 akan jadi semakin besar lagi. Mungkin saatnya kamu juga mulai melirik Instagramnya.

Apa kamu juga akan terkena Korean Wave tahun 2019 nanti?

Oleh: Ade Irawan