Berkuasanya musik asal Korea Selatan sehingga mampu duduk sebaris dengan karya asal Amerika Serikat.

Salah satunya yang semakin menuai sukses luar biasa di Amerika adalah grup Bangtan Boys atau lebih sinonim sebagai BTS.

Terkini, BTS telah membuat rekor baru bukan sahaja buat mereka, tetapi juga untuk blantika musik Korea Selatan.

Album terbaru mereka, Love Yourself : Tear duduk dalam daftar album paling laris di Amerika Serikat pada tahun 2018. Padahal BTS itu lagu lagunya bukan dalam bahasa Inggeris, namun berjaya membuang stigma ‘rasis bahasa lagu’.

Lebih membanggakan, album yang dirilis pada Mei 2018 dan mengandungi 11 lagu itu pun duduk di tangga kedua, di belakang Eminem yang albumnya telah terjual sebesar 755.027 kopi.



Menurut laporan yang dikeluarkan BuzzAngle Music, album Love Yourself : Tear meraih pencapaian penjualan sebanyak 603.307 kopi.

Tangga ketiga diisi oleh Chris Stapleton yang berhasil menjual 577.287 album, kemudian band heavy metal Amerika, Metallica (keempat) dengan pencapaian 539.861 album.

Boyband yang beranggotakan tujuh pria yaitu Jin, RM, J-Hope, Suga, Jimin, V, dan Jungkook itu malah meninggalkan jauh penjualan album pelantun yang lebih dulu naik daun dari mereka.

Misalnya, album Justin Timberlake dan Ed Sheeran dengan penjualan sebanyak 432.913 (Timberlake) dan 409.291 kopi album (Ed Sheeran). Justin berada di peringkat ke 10, sedangkan Ed Sheeran berada pada posisi 11.

Album Lady Gaga juga tewas dengan penangan musik BTS yang semakin mendunia.

Malah, tahun 2018 kemarin memang bukan penjualan albumnya di Amerika Serikat sahaja yang menjadi kebanggaan fansnya.


Namun, BTS punya sederet penghargaan lainnya yang perlu dibanggakan. Ini termasuklah BTS berada di nomor satu di daftar Forbes Korea Power Celebrity, yang menempatkan selebritas paling kuat dan berpengaruh di Korea Selatan.

BTS juga berhasil menyabet penghargaan Daesang di berbagai ajang penghargaan musik Korea Selatan mulai dari Melon Music Awards 2018, Mnet Asian Music Awards 2018, Asian Artist Awards 2018 sehingga Golden Disc Awards 2019.

Mereka juga menjadi artis termuda yang dianugerahi Order of Cultural Merit dari pemerintah Korea Selatan.

Belum cukup lagi, pada September 2018, BTS memberikan sebuah pidato di United Nations sebagai duta dari UNICEF. Dan sebulan selepas itu, BTS menjadi fitur di sampul majalah Time, dengan Time menyebut mereka sebagai ‘Pemimpin Generasi Berikutnya’.

Di tahun 2019, konser film kedua mereka, Love Yourself in Seoul, akan dirilis di 88 negara bermula 26 Januari 2019.


Sumber: BuzzAngle Music, Forbes, Wikiepedia
Instagram: BTS

Oleh: Maliah Surip