Emansipasi wanita populer lantaran perjuangan Raden Ajeng Kartini. Berkat hal tersebut, banyak kaum hawa hingga saat ini masih terus memperingati jasa-jasa Kartini yang diperingati setiap 21 April.

Artis sekali gus model Artika Sari Devi turut menanamkan edukasi perihal emansipasi wanita kepada dua buah hatinya, Sarah Ebiela Ibrahim dan Dayana Zoelie Ibrahim.

"Saya lebih kasih tau ke mereka juga gimana jadi perempuan yang punya sikap, artinya gak diam aja kalau ada perlakuan yang gak adil, sama saya bilang apapun pilihan kalian nanti, mau jadi apapun itu saya bebasin, asalkan itu bener-bener kalian cintai, sesuai sama passionnya," ucap Artika Sari Devi ditemui di Gandaria City, Jakarta Selatan baru-baru ini.

Kini, dua buah hatinya diakui istri Ibrahim atau populer dengan nama Baim tersebut sudah mengetahui nama dan latar belakang Kartini dan pahlawan lainnya.

"Tapi mereka sangat tau siapa itu (Kartini), terutama kakaknya yang umur 9 tahun, siapa itu Raden Ajeng Kartini, apa perjuangannya dan tokoh-tokoh perempuan lainnya," ucap Artika.

Menurut Putri Indonesia 2004 silam tersebut, memperingati hari pahlawan wanita tidak hanya mesti tentang Kartini tapi juga banyak pahlawan wanita lainnya.

"Sebenernya kan perayaan bukan hanya untuk pahlawan Ibu Raden Ajeng Kartini nya, tapi semua gerakan perempuan untuk emansipasi, untuk bisa setara dengan laki-laki, untuk bisa berani bermimpi sebagai perempuan, apapun pilihannya, yang penting mereka bisa happy dengan pilihannya," pungkasnya.

Instagram: Artika Sari

Oleh : Syba