Sebuah proyek ambisius yakni 'melahirkan' semula sosok ulama dan sastrawan ulung Buya Hamka diperkenalkan kepada pers pada Senin (25/Maret/2019).

Ia bakal dikerjakan dengan kolaborasi perdana di antara Starvision dan Falcon Pictures.

Bakal memulakan syuting sekitar bulan hadapan, film ini memperkenalkan aktor yang akan menggalas peran ikonik itu.

Dia adalah aktor Vino G Bastian. Suami kepada aktris Marsha Timothy itu mengungkapkan kalau dirinya sempat kaget saat pertama mendapat tawaran. Vino pun mengaku dirinya tidak pernah membayangkan bisa ditawarkan bermain di film biopik Buya Hamka yang rumah produksinya telah diketahui kualitasnya.



"Mendapat tawaran film ini nggak pernah saya bayangkan sih. Pas pertama dapat sinopsis, saya kaget sekali dapat job lagi, tapi dari dua PH yang luar biasa besar," jelas Vino seperti yang dilansir dari Kapanlagi.com.

Biar sempat kaget, Vino mengatakan dirinya bukan aktor yang mencari karakter, tetapi percaya karakterlah yang akan mencari pemain yang tepat.

Buat saya bukan seorang aktor yang mencari karakter, tapi karakter yang mencari pemain yang tepat," imbuhnya lagi.

Persiapan agar tidak gagal membawa karakter Buya Hamka, Vino pun harus memperkemaskan bahasa Arab. Ungkapnya ternyata untuk menguasai bahasa Arab bukan enteng. Ada beragam pengunaan bahasanya seperti bahasa pasar juga bahasa resmi.

"Bahasa Arab-nya nih rutin selama dua bulan seminggu. Beberapa kali saya bertemu dengan guru yang mengajarkan bahasa Arab di Majelis Ulama Indonesia (MUI)," ungkapnya seperti yang dilansir dari Kompas.com.

MUI merupakan salah satu pendukung pembuatan film Buya Hamka bersama dua rumah produksi yang mengerjakan film ini.

Sutradaranya, Fajar Bustomi mengaku dirinya tidak mencari aktor lain yang dirasa mampu membawa karakter Buya Hamka, selain Vino.

Ungkapnya, Vino adalah pilihan paling tepat karena pria itu mempunyai muka mirip Almarhum yang dihormati tersebut.



"Saya merasa Vino pilihan paling tepat. Waktu itu Vino sempat ketemu keluarga Buya di Masjid Al Azhar. Kita kaget pas Vino foto bareng mukanya mirip banget. Saya sih dari awal nggak cari yang lain.

Dia pilihan tepat, dari silsilah keluarga juga punya kedekatan, jadi lebih enak prosesnya," kata Fajar dalam jumpa pers di kantor Falcon Pictures, kawasan Duren Tiga, Jakarta Selatan.

Biopik Buya Hamka yang masih belun ditentukan tanggal perilisannya turut dibintangi oleh barisan pelakon lainnya yang akan mendukung film tersebut bersama Vino.

Mereka antaranya termasuklah Laudya Cynthia Bella, Ayudia Bing Slamet, Desy Ratnasari dan Donny Damara.

Sumber: Kapanlagi.com
Instagram: Vino G Bastian
Oleh: Maliah Suirp