Dalam dunia hiburan, semua orang bisa saja datang dan pergi dalam waktu sekejap. Tidak ada dari mereka yang bertahan selamanya. Di dunia hiburan Korea Selatan pun tak ubahnya seperti itu. Banyak penyanyi, aktor, dan anggota boy/girl band pun muncul dan tenggelam.

Sebagian dari mereka mungkin saja masih bisa menjaga kariernya tetap cermelang hingga sekarang. Namun, tak banyak yang harus menutup karier lebih awal karena tersandung skandal. Jadi, siapa saja mereka yang masih eksis dan mereka yang sudah terlupakan?

1. Rain (Jung Ji-Hoon)

Jung Ji-Hoon atau yang dikenal sebagai Rain memang sempat jadi fenomena di tahun 2000-an. Sejumlah film drama sudah dimainkannya, termasuk serial Full House yang selalu berhasil mengundang air mata saat menontonnya berulang-ulang. Rain juga sangat aktif di dunia tarik suara. Tercatat sudah ada tujuh album serta puluhan single lainnya yang berhasil dibuatnya sepanjang karier bermusiknya.

Setelah menikah pada 2017 lalu, nama Rain perlahan-lahan menghilang walaupun masih cukup aktif di dunia hiburan. Rain memang masih membintangi beberapa serial drama di tahun 2018. Para fans tetap mengaguminya, tapi sepertinya sudah tidak terlalu “gila” seperti satu dekade silam. Apa kamu termasuk salah satunya?

2. PSY

Pada 2012, ada penyanyi Korea yang buat sebuah gebrakan dengan lagu “Gangnam Style”. Sampai sekarang, video musik yang diunggah pada 15 Juli 2012 lalu itu sudah ditonton oleh 3,2 miliar lebih di seluruh dunia. Bukan tanpa alasan, lagunya cukup eksentrik di telinga untuk buat tubuh bergoyang dan lagi jogetan PSY juga sangat khas.

PSY sudah mengeluarkan banyak lagu dan video klip setelahnya. Namun, tidak ada yang pernah lebih besar dari lagu “Gangnam Style”. Kabar terbaru di pertengahan tahun 2018 silam, PSY tidak lagi melanjutkan kontrak dengan YG Entertainment, label yang menananginya selama 10 tahun. Mungkin dunia juga sudah mulai melupakan pria Korea menggemaskan ini.

3. Lee Young Ae

Di masa keemasannya, Lee Young Ae layaknya “bidadari” di sejumlah judul drama Korea. Wajahya memang selalu dinantikan para penggemarnya untuk mengikuti kisah cintanya di dalam film. Artis cantik ini pun sangat terkenal saat memainkan peran Jang-geum di film Dae Jang-Geum yang ditayangkan pada tahun 2003 silam.

Sayangnya, ketenaran Lee Young Ae dianggap menurun dalam beberapa tahun ke belakang. Kasus perceraian juga sempat mengganggu kariernya di tahun 2018 lalu. Lee Young Ae sudah kalah pamor dengan para pendatang baru dengan cerita-cerita cinta yang lebih segar di serial drakor.

4. Park Shin-Hye

Buat kamu yang sudah “gila” drama Korea sejak awal 2000-an silam, nama Park Shin-Hye pasti sudah sangat tidak asing lagi di telinga. Artis cantik ini memang sudah beradu akting sejak berusia 13 tahun. Kala itu, dia bermain dalam film Stairway to Heaven dan berhasil mendapatkan penghargaan “Best Young Actress” dalam ajang SBS Drama Awards 2003.

Karier Park Shin-Hye semakin melambung setelahnya. Berbagai judul film pun sudah dimainkan oleh artis kelahiran 18 Februari 1990, termasuk Flower Boys Next Door (2013) dan Pinocchio (2014). Dua film tersebut pun melahirkan penghargaan untuk Park Shin-Hye.

Park Shin-Hye sekarang sedang digilai karena series Memories of the Alhambra. Sudah nonton filmnya belum?

5. T.O.P. (Choi Seung-Hyun)

Bigbang adalah sebuah fenomena. Bukan hanya di Korea, tapi juga di dunia. Grup yang didirikan pada 2006 ini sudah menelurkan banyak lagu dan album. Bukan hanya itu, grup ini juga membuat nama T.O.P semakin dikenal oleh para pecinta musik K-Pop. Bukan hanya di atas panggung, wajah T.O.P atau Seung-Hyun Choi juga sering tampil di beberapa judul film.

T.O.P sekarang sedang tertimpa kasus penggunaan obat terlarang dan harus mendekam di penjara dalam beberapa waktu. Beberapa jadwal tournya pun jadi sedikit berantakan. Namun, tidak sedikit pun menurunkan minat para penggemar kepada wajah tampannya untuk melakukan comeback nanti.

6. Lee Min Ho

Karier Lee Min Ho sudah dimulai pada 2003 saat dia masih duduk di bangku SMA. Pilihan hidupnya memang tepat lantaran namanya sekarang sudah sangat besar. Sudah banyak judul film, baik di layar lebar maupun TV, yang dibintangi oleh aktor tampan yang satu ini. Karena wajahnya juga, sudah banyak perempuan muda Indonesia yang tergila-gila padanya.

Lee Min Ho akan kembali ke dunia hiburan setelah mengakhiri wajib militer negaranya pada 2019 ini. Sebelum benar-benar pulang, Lee Min Ho bahkan sudah ditawari untuk main film lagi pada pertengahan 2019. Memang pesonanya belum luntur walau sudah lama tak kelihatan.

Jadi, itu dia beberapa deretan artis Korea Selatan yang punya pesona berbeda sekarang. Kira-kira mana yang masih kamu sukai hingga sekarang?

Instagram: Lee Min Ho, Rain, T.O.P, Park Shin-Hye, Lee Young Ae, PSY

Oleh: Ade K Irawan