Seluruh umat muslim di dunia memiliki kewajiban untuk beribadah di bulan Ramadan. Bulan suci Ramadan bukan hanya menjadi salah satu kesempatan umat muslim untuk melakukan ibadah puasa, tapi juga menjadi berkah karena semua pahala ibadah dilipatgandakan. Pesohor terkenal dari seluruh penjuru negeri ini juga ternyata pemeluk agama Islam yang ikut merayakan Lebaran. Siapa saja?

1. Cat Stevens

Pelantun lagu “Father & Son yang menjadi soundtrack Guardians of the Galaxy Vol. 2 ini memeluk agama Islam sejak 1977. Menariknya, pemusik bernama asli Steven Demetre Georgiou ini terketuk hatinya untuk mencari tahu soal Islam saat mendengar lantunan adzan. Stevens pun mengubah namanya menjadi Yusuf Islam saat memutuskan menjadi mualaf.

Melalui sebuah tulisan dalam The National, Stevens mengungkapkan bahwa bulan Ramadan adalah kesempatan terbaik agar kita bisa bersimpati pada orang lain. Tidak hanya dengan cara berpuasa, kita juga sebaiknya mencari cara agar bisa meningkatkan kemanusiaan di dunia.

2. DJ Khaled

Masih dari dunia musik, DJ Khaled juga merupakan salah satu pesohor yang menjalankan ibadah puasa selama Ramadan. Pesohor berkebangsaan Amerika-Palestina ini pernah mengungkapkan bahwa dirinya juga pernah mengalami dehidrasi saat masih bekerja sambil berpuasa.

Namun, DJ Khaled juga tidak ragu untuk terbuka mengenai keyakinannya memeluk Islam. Buktinya, DJ Khaled pernah membuat video saat dirinya melantunkan adzan, beribadah, dan membaca Al-Quran setiap hari.

3. Iman Abdulmajid

Model kelahiran Somalia, Iman Abdulmajid juga merupakan salah satu pesohor yang beragama Islam. Iman merupakan model yang sangat terkenal pada era 1970-1980an. Setelah sukses dengan bisnis kosmetik pada 1990-an, Iman menikah dengan David Bowie.

Sebagai seorang Muslim, Iman juga pernah menceritakan bahwa dirinya pernah mengalami kesulitan saat harus berkiprah di dunia modelling. Menariknya lagi, Iman pernah disekolahkan di sekolah Katolik khusus perempuan saat ayahnya menjadi diplomat di Tanzania.

4. Halima Aden

Sebelum merayakan Hari Raya Idulfitri, umat muslim berlomba untuk beribadah di bulan Ramadan. Setiap tahun, ibadah di bulan suci harus lebih baik dari tahun sebelumnya. Hal ini menjadi salah satu agenda Halima Aden, model berkebangsaan Somalia-Amerika yang besar berkat salah satu ajang pencarian bakat di Minnesota.

Melalui diskusi yang dikutip dari Harper’s Bazaar, Halima mengemukakan bahwa dirinya besar bersama ibu yang merupakan seorang muslim konservatif. Meski demikian, dirinya ingin dapat merepresentasikan hijab dalam sudut pandang yang positif.

Oleh karena itu, Halima juga berusaha untuk tidak memakai celana karena bukan merupakan busana bagi seorang muslimah. Selama beribadah di bulan Ramadhan, Halima juga bahkan berusaha mengurangi musik, film, dan tayangan televisi untuk mengoptimalkan ibadahnya.

5. Mohamed Salah

Ibadah puasa bagi para atlet sepak bola seperti Mohamed Salah mungkin menjadi tantangan yang cukup berat. Terlebih lagi, dalam kesempatan ibadah puasa yang bertepatan dengan pertandingan penting seperti Champions League.

Dalam ajaran Islam, seorang muslim diperbolehkan untuk tidak berpuasa untuk maksud tertentu, terutama berkaitan dengan tujuan kesehatan. Untuk menjaga kesehatan dengan optimal, tentu tidak mungkin para pesepak bola ini tidak makan dan minum selama lebih dari 12 jam. Namun, Mo Salah tetap menjalankan puasa sebelum pertandingan Final Champions League 2019.

6. Mahersala Ali

Aktor pemenang Oscar yang menjadi aktor pendukung dalam film Green Book ini juga merupakan seorang muslim. Dirinya juga merupakan pemenang Oscar pertama yang beragama Islam saat memenangkan penghargaan lewat film Moonlight .

Mahersala Ali menjadi pemeluk agama Islam sejak tahun 2000. Meski berbeda agama dengan sang Ibu, dirinya mengatakan bahwa keduanya tetap saling menyayangi. Mereka masih bisa mengetahui perkembangan hidup satu sama lain tanpa memperhatikan hal-hal kecil yang memicu masalah.

Itulah deretan pesohor yang ikut menjalankan puasa dan merayakan hari raya Idulfitri. Tidak menyangka, kan? Nah, siapa yang paling jadi favorit?

Instagram: @djkhaled, @yusufcatstevens, @mahershalaali, @mosalah, @hamila, @the_real_iman

Oleh: Ade K Irawan