Berita desainer maestro Karl Lagerfeld meninggal dunia pada Selasa (19/2) di sebuah hospital di Paris membuat seluruh dunia fesyen berduka.

Tidak sedikit selebritas, model dan 'ahli fesyen dunia' yang tersentak dengan kematian figura hebat itu pada usia 85 tahun karena belum setahun lalu, beliau sempat mengungkapkan dirinya sihat.

Kabar kematian desainer yang cukup signifikan dengan label Chanel, Fendi dan namanya sendirinya, Karl Lagerfeld itu pertama kali disampaikan oleh Chief Executive Officer, Alain Wertheimer dari rumah mode Chanel lewat akun Instagram resmi mereka.

"Terima kasih kepada kreativitasnya yang jenius, kebaikan dan intuisi yang luar biasa. Karl Lagerfeld punya kontribusi yang besar untuk kesuksesan Chanel di dunia. Saat ini saya tak hanya kehilangan teman, tapi juga kehilangan sosok kreatif yang luar biasa yang pernah saya berikan carte blache (kepercayaan seumur hidup dan kekuasaan tak terbatas) di awal 1980-an untuk mengubah brand ini," katanya dikutip dari WWD.



Selama hidupnya, pria yang begitu ikonik dengan rambut putih itu telah meninggalkan legasi yang tidak sedikit dalam dunia fesyen. Selama 65 tahun menekuni bidang ini, setiap teguran , bicara, ide dan sentuhan Lagerfeld adalah 'emas' bagi setiap orang.

Beliau yang dilaporkan sempat memberi sentuhan terakhirnya dengan memberi instruksi untuk show Fendi autum/winter 2019 yang direncana akan diperagakan di Milan Fashion Week pada Kamis (21/2) malah mempunyai banyak mutiara kata yang 'menyakitkan' namun penuh realiti.

Dalam satu wawancara yang dilakukannya bersama Numero pada April 2018, Lagerfeld malah sempat berbicara tentang kematiannya.

Dirinya menolak untuk disemadikan, namun meminta agar dibakar karena ingin 'hidup' bersama mendiang ibu dan kucing kesayangannya.

"Tidak ada upacara pengebumian. Aku lebih rela mati dan mohon abu aku berterbangan bersama kepunyaan ibuku. Dan Choupette (kucing) jika dia mati dulu," katanya.

Mengenang sedikit tentang sosok penting dunia fesyen yang telah tiba di titik akhir kehidupannya ini, berikut antara fakta menarik tentang Lagerfeld si meastro fesyen yang telah lima dekad mereka busana wanita ini.

1. Fendi


Lagerfeld telah bersama jenama Fendi sejak tahun 1965. Beliau menjadi sosok penting yang merubah banyak tentang fesyen di rumah mode Channel termasuk memperkenalkan penggunaan bulu kelinci dan tupai yang tidak pernah digunakan dalam bidang fesyen sebelumnya.

Beliau yang masih berkhidmat dengan Fendi sebagai Creative Director sehingga ujung nyawanya juga menukar gaya pemakaian material bulu bukan hanya untuk digayakan dalam acara formal, tetapi mampu dipakai dalam setiap hari.

2. Wangian



Memang Lagerfeld bukan individu pertama di dunia fesyen yang menghasilkan wangian dalam bidang tersebut. Namun, pria ini adalah orang pertama yang menghasilkan wangian dengan nama penuhnya dicetak pada botol wangian iaitu Parfums Lagerfeld.

Beliau menghasilkan wangian tersebut sewaktu berkhidmat dengan rumah mode Chloe pada tahun 1975 dan ironinya Lagerfeld juga tidak memiliki rumah wangian seperti lazimnya.

3. Chanel



Setelah menjadi Art Director label Chanel pada tahun 1983, Lagerfeld menjadi penyelamat kepada kecundangnya merek tersebut karena masalah kewangan mereka yang kritikal. Hal itu terjadi karena orang telah mula cenderung memilih label yang lebih moden, bukan klasik seperti Chanel, terutama setelah kematian Coco Chanel pada tahun 1971.

Bersama Chanel juga, Lagerfeld berani menampilkan fesyen fesyen keren yang diluar pemikiran seperti membuat kombinasi di antara klasik dan grunge style bersama hiasan yang sarat.



Malah beliau bertanggungjawab membawa 'Sleeping Beauty' keluar dari zone selamatnya.

Menerusi dokumenter Lagerfeld Confidential yang dirilis pada tahun 2007, beliau dipetik berkata: "Aku telah menukar selera wanita yang mati".

Ia merujuk kepada dirinya yang menukar fokus Chanel yang memproduksi wangian kepada fesyen.

Dan tanpa Lagerfeld, tas ikonik Chanel berbentuk monogram tidak akan pernah wujud!

4. Merakam foto



Lagerfeld bukan hanya punya talent terhadap dunia fesyen. Namun, kepakaran lainnya adalah merakam foto. Beliau memiliki sebuah naskhah dokumenter foto yang diberi judul Off the Record.

5. H&M


Pada tahun 2004, label H&M telah menjalin kerjasama dengan Lagerfeld yang juga merupakan desainer pertama berkolaborasi dengan mereka. Menghasilkan 30 helaian untuk jenama tersebut, semua sentuhannya ludes dalam masa beberapa minit.

H&M kemudian menjalin kerjasama dengan desainer lain seperti Balmain dan Moschino berkat kesuksesan kerjasama bersama Lagerfeld.

6. Kucing



Bagi penggemarnya, hubungan kasih sayang Lagerfeld terhadap kucingnya bukan hal yang luar biasa. Jika tidak, masakan kucing ini mewarisi hartanya setelah kematiannya.

Kucing bertuah itupun bernama Choupette yang menjalani kehidupan dengan super mewah. Choupette tidur sebantal dan makan makanan khusus buatnya semeja dengan meastro itu, malah menjadi wajah kampe yang dijalankan Lagerfeld.

Lebih dari itu, Choupette kini bergelar jutawan berkat mendulang sukses sebagai model. Kucing berusia tujuh tahun ini juga dimanjakan dengan punya dua pembantu peribadi.

Saking cintanya terhadap haiwan tersebut, dalam wawancara bersama CNN pada 2013, Lagerfeld dipetik berkata: "Aku ngga pernah terpikir bisa jatuh cinta dengan kucing seperti ini."

Sumber: The Insider, CNNIndonesia
Kredit foto: Getty Images, Reuters

Oleh: Maliah Surip