Lagu berjudul Cinta Luar Biasa sangat viral di dunia maya berkat lirik manis dan suara emas dari penyanyinya. Siapa lagi kalau bukan Andmesh Kamaleng, penyanyi muda berbakat yang namanya langsung dikenal oleh banyak orang dalam waktu sekejap.

Selain dipakai oleh banyak brand besar (termasuk Google), lagu dari Andmesh ini pun sudah di-cover oleh banyak penyanyi, loh.

Nah, jangan ketinggalan semua hal yang perlu diketahui tentang Andmesh. Simak fakta-fakta menarik dari Andmesh, si pelantun lagu Cinta Luar Biasa, di bawah ini!

1. Lahir di Nusa Tenggara Timur (NTT)

Talenta luar biasa ini lahir dari salah satu provinsi yang juga punya pemandangan alam yang indah. Jeandmesh Antonio Kamaleng atau yang dikenal dengan nama Andmesh Kamaleng lahir di Pulau Alor, Kupang, NTT, pada 15 April 1997.

Dia merupakan anak kedua dari tiga bersaudara dari orang tua yang juga punya bakat bernyanyi yang baik.

Ayah Andmesh sering mengajaknya menjadi penyanyi keliling dan juga membantu gereja di tempat tinggalnya. Dia pun sering mengikuti perlombaan menyanyi sejak zaman sekolah dulu. Tak heran bakatnya sudah terasah dari muda.

2. Ikut Audisi Rising Star Indonesia

Sayang jika bakatnya hanya terhenti di orang-orang terdekat. Pada 2016, Andmesh datang ke Jakarta dan mengikuti audisi pencarian bakat, Rising Star, di salah satu stasiun TV swasta Indonesia. Bakatnya sudah mulai terlihat saat dia mendapatkan respons positif dari juri dan penonton.

Dia mendapatkan 94% voting saat membawakan lagu Say You Won’t Let Go dari James Arthur.

Bukan perjalanan yang mudah karena Andmesh harus melewati lebih dari 10 audisi untuk mencapai babak duel dan live di televisi.

Andmesh pun berhasil masuk ke babak Grand Final pada 27 Maret 2019. Lagu Making Love Out of Nothing at All dari Air Supply jadi saksi kemunculan aura bintang dari Andmesh.

Penampilan pamungkas di ajang pencarian bakat itu juga yang jadi awal karier Andmesh di dunia musik. Andmesh sudah dikenal lebih banyak orang berkat lagu-lagu dan suara emasnya.

3. Punya Lagu yang “Nyaman” Didengar

Lagu Cinta Luar Biasa juga jadi salah satu bukti bakat dari Andmesh di dunia tarik suara. Bukan hanya karena nada dan liriknya yang bagus, Andmesh juga membuat lagu ini mempunyai sesuatu yang ingin didengar berulang-ulang. Lagu ini bisa membuat orang yang mendengarkannya bergumam setelah sekali mendengarkannya. Coba saja sendiri.

Lagu ini pun masuk ke dalam nominasi AMI Award 2019 untuk lima kategori. Berikut nominasinya, Artis Solo Pria Pop Terbaik, Pencipta Lagu Pop Terbaik (Faisal Resi), Penata Musik Pop Terbaik (Aldi Nada), Penunjang Produksi Produser Rekaman Terbaik (Aldi Nada), dan Karya Produksi Terbaik-Terbaik.

4. Lagu dengan Ratusan Juta Views di YouTube

Sampai tahun 2019, Andmesh sudah punya empat lagu yang dibuatkan video klip. Semua video klip tersebut pun punya viewers yang luar biasa. Lagu paling baru berjudul Nyaman sudah ditonton lebih dari 16 juta pasang mata hanya dalam waktu satu bulan setelah dirilis.

Lagu yang paling viral di internet tidak lain dan tidak bukan adalah Cinta Luar Biasa. Setelah satu tahun dirilis, video klip tersebut sudah ditonton lebih dari 177 juta orang di internet. Angka itu pun terus berkembang seiring degan kepopuleran Andmesh dari hari ke hari.

5. Viral Sampai ke Korea Selatan

Ratusan juta orang yang tertarik dengan lagu yang dibawakan Andmesh pasti bikin lagu ini dibawakan ulang. Memang lagu ini seolah-olah punya daya magis untuk banyak orang. Sudah ratusan akun YouTube yang mengunggah lagu cover dengan berbagai versi.

Penyanyi asal negeri Jiran, Siti Nurhaliza, juga jadi salah satu musisi tenar yang membawakan ulang lagu ini. Bisa dibilang, lagu Cinta Luar Biasa yang dibawakan Siti Nurhaliza juga punya nilai yang tak kalah bagus.

Lagu ini pun semakin viral saat dibawakan ulang oleh anggota boyband Korea, NTC. Doyoung dan Haechan terdengar sangat fasih membawakan lagu berbahasa Indonesia ini.

Secara tidak langsung NTC pun semakin mendongkrak kepopuleran Andmesh di Korea Selatan dan juga dunia.

Buat para penggemar, layak dinantikan karya-karya Andmesh selanjutnya. Siapa tahu penyanyi muda berbakat ini bisa semakin mengepakkan sayapnya hingga seluruh dunia.

Instagram: @andmeshkamaleng_

Oleh: Ade K Irawan