Jenazah ibunda Presiden Joko Widodo (Jokowi), Sudjiatmi Notomihardjo, telah selamat dimakamkan di tempat pemakaman keluarga, Mundu siang Kamis (26/3/2020).

Suasana pemakaman ibunda Jokowi berlangsung sederhana dan hanya diikuti pihak keluarga serta tim penggali kubur.



Banyak pelayat yang hadir namun tak semua bisa masuk karena ada proses pengecekan suhu tubuh dan penyemprotan disinfektan.

Malah untuk kursi pelayat diberi jarak satu meter dan di masing-masing kursi telah disediakan masker dan disinfektan yang dapat dipakai pelayat selama proses pemakaman.



Sudjiatmi meninggal dunia pada usia 77 tahun saat mendapatkan perawatan di Rumah Sakit (RST) Tingkat III Slamet Riyadi, Surakarta, Jawa Tengah pada Rabu (25/3/2020) pukul 16.45 WIB kemarin.



Sebelumnya, Pihak Istana Kepresidenan memastikan Sujiatmi meninggal bukan karena infeksi virus corona, melainkan kanker tenggorokan.

"Beliau sudah lama sakit kanker tenggorokan," ungkap Staf Khusus Presiden Dini Shanti Purwono melalui pesan singkat, Rabu (25/3).



Biar awak media tidak diperbolehkan masuk, namun berikut adalah beberapa foto pemakaman yang dikutip dari Antaranews.com, Detik.com, Kompas.com, Tribunnews.com, Liputan6.com sebagai momen terakhir Jokowi mengantarkan sang Ibunda tercinta ke perjalanan abadinya.

Al Fatihah.

Oleh: Maliah Surip