Kasus kematian artis Korea Selatan sudah bukan hal baru lagi. Dalam beberapa tahun terakhir, sudah ada puluhan kasus kematian yang disebabkan bunuh diri. Alasannya pun beragam.

Sebagian dari mereka ada yang tidak kuat dengan jam kerja panjang dari agensi yang menaunginya. Sebagian lainnya mendapatkan pelecehan fisik dari orang-orang di sekitarnya.

Yang paling sering terjadi, artis-artis Korea yang memutuskan mengakhiri hidup terjadi karena tekanan dari para fans dan warganet. Tidak jarang artis-artis ini mendapatkan ancaman pembunuhan dari para fans ‘gila’ yang tidak senang dengan ulah mereka.

Banyak artis yang jadi tidak nyaman menjalani hidup karena terus dihujani komentar negatif di media sosial.

Bisa dibilang, penggemar atau fans memang memegang peran penting dalam kelangsungan karier para artis. Tanpa mereka, artis-artis tersebut sebenarnya bukan siapa-siapa.

Sayangnya, hal ini yang kadang membawa cerita buruk buat para artis. Di samping harus hidup dalam tekanan, banyak dari mereka yang akhirnya memutuskan mengakhiri hidup.

Kasus Bunuh Diri Artis Korea Selatan pada 2019

Siapa saja artis Korea yang meninggal karena bunuh diri pada 2019? Simak daftarnya di bawah ini!

1. Jeon Mi Seon



Artis kelahiran 7 Desember 1970 ini ditemukan sudah tak bernyawa di hotel tempat dia tinggal sendiri. Sejauh penyelidikan, tidak ada bukti ada pembunuhan atau orang lain yang memaksa masuk. Jeon Mi Seon juga tidak meninggalkan surat wasiat di kamarnya. Dia ditemukan menggantung di dalam kamar mandi hotel tersebut dan ditemukan oleh manajernya

Artis senior yang satu ini dikenal dalam berbagai film drama di era 90-an. Dirinya juga dikenal sebagai artis yang selalu memerankan karakter seorang ibu dalam berbagai film drama. Diketahui bahwa masalah keluarga menjadi penyebabnya. Ibu yang sudah sakit-sakitan jadi alasan utama dirinya menjadi depresi.

2. Woo Hye Mi

Tahun 2019 juga jadi tahun terakhir Woo Hye Mi berkarya di dunia entertainment. Peyanyi jebolan Voice Korea pada 2012 ini ditemukan meninggal dunia di rumahnya yang berada di Mapo, Korea Selatan, pada 21 September 2019. Pemilik nama panggung Woomi ini meninggal dalam usia 31 tahun.

Lebih sedihnya lagi, Miwoo baru saja merilis mini album pada 19 Agustus 2019. Dirinya yang mengerjakan sebagian besar lagu di dalamnya. Miwoo menciptakan lagi, menulis lirik, dan sekaligus produser lagu-lagu yang ada di dalam albumnya.

3. Sulli eks-f(x)

Salah satu personil girlband f(x) ini ditemukan sudah meninggal dunia di lantai dua rumahnya. Menurut kabar, Sulli meninggal pada 14 Oktober 2019 sore waktu setempat. Diyakini, penyebab utama Sulli melakukan ini lantaran tidak tahan perlakuan orang-orang kepada dirinya. Sulli memang sering mengemukakan hal berbeda dengan kebanyakan orang Korea Selatan.

Dirinya bergabung bersama grup f(x) pada 2009 dan memutuskan untuk vakum pada 2014. Setelah dirinya tak lagi bergabung dengan grup, ada banyak serangan dari para netizen yang terbilang sungguh kejam. Selain itu, tersebarnya foto Sulli mencium pipi Choiza, personil Dynamic Duo, juga jadi sorotan tajam para warganet.

4. Goo Hara eks KARA

Goo Hara juga pernah mencoba melakukan bunuh diri para Mei 2019 karena masalah dengan mantan kekasihnya. Pria yang diketahui bernama Choi Jong Bum mengancam akan menyebarkan video mesum mereka untuk mengakhiri karier Goo Hara di dunia hiburan. Sayangnya, depresi yang diderita Goo Hara sudah tak terbendung lagi dan memutuskan untuk mengakhiri hidupnya pada 24 November 2019 lalu.

Tubuh yang sudah tak bernyawa Goo Hara ditemukan oleh temannya di dalam rumah. Sebelum mengakhiri hidupnya, Goo Hara juga sering diserang komentar negatif dari para warganet di media sosial. Hal ini juga yang diyakini jadi alasan kuat dari kematiannya.

5. Cha In Ha

Nama terakhir ini sedang menjadi pusat perhatian. Cha In Ha tampil apik dalam film People with Flaws bersama dengan Oh Yeon Seo dan Gu Won. Jasadnya ditemukan oleh sang manajer pada 3 Desember 2019 silam. Satu hari sebelumnya, Cha In Ha sempat mengunggah foto di Instagram dengan caption “Semuanya, hati-hari terserang flu.”

Artis kelahiran 15 Juli 1992 ini sudah membintangi berbagai drama Korea, seperti Temperature of Love, Queen of Mystery 2, dan Clean With Passion For Now. Selain jadi bintang film, Cha In Ha juga merupakan anggota grup bernama Surprise U. Grup yang satu ini pun sudah mengeluarkan mini album pada 2017 silam.

Semoga kisah buruk ini tidak terulang lagi di tahun-tahun berikutnya. Hal ini tentu bisa kita cegah dengan lebih bijak menggunakan media sosial. Tetap dukung siapa pun artisnya supaya mereka bisa terus berkarya!

Kredit Foto: Starlifemagazine, twimg.com, scmp.com, Kpopstarz

Oleh: Ade K Irawan