Aktris cantik Dewi Sandra pertama kali berhijab adalah pada tahun 2012. Sejak itu, dirinya banyak mengejar hal hal berupa kebaikan yang pernah diabaikannya sebelum ini.

Itu termasuklah menekuni dan memahami indahnya Ramadan.

Berbeda dengan tahun sebelum sebelumnya, Ramadan 2019, kata Dewi Sandra dirinya tidak lagi menargetkan untuk khatam Alquran.

Sebaliknya, wanita itu mengaku ingin membaca dan memahami Alquran perlahan sembari benar-benar bertawakal kepada Sang Pencipta.

"Aku sendiri proses memahami apa sih inti dari Alquran itu, apa hanya menghabiskan bacanya saja? Tidak mengamalkannya? Itu yang membuat aku merasa kayaknya ada yang salah nih," kata Dewi Sandra di Jakarta seperti yang dilansir dari Tempo.

Selain itu, dirinya juga tidak ingin bolong shalat tarawih. Dia bertekad tak lagi lalai menjalankan shalat sunah Ramadan itu berjamaah di masjid.

Dan terpaling penting, ungkap Dewi Sandra, Ramadan tahun ini dijadikan medan buatnya untuk belajar dan kembali kepada fitrah.

"Ramadan waktu yang tepat untuk belajar, mengembalikan fitrah kita. Aku merasa terlambat memahami konsep hidup ini, aku terlambat. Jadi aku justru banyak ngejarnya," sambung Dewi Sandra.



Sementara untuk soal pilihan makanan, Dewi Sandra mengatakan dirinya mengikut sunnah Nabi Muhammad dengan mengonsumsi kurma.

Dia memilih mengambil 10 butir kurma untuk berbuka puasa dan sahur pada Ramadan tahun ini.

Katanya, dia mengonsumsi tiga butir kurma saat berbuka puasa, lalu menjalankan salat magrib hingga tarawih. Usai tarawih barulah dia makan malam.

"Ketika kita kembali ke sunah nabi, kurma. Nabi Muhammad itu puasanya cuma tujuh kurma untuk sahurnya, bukannya cuma tiga kurma," ujarnya.

Saat sahur, dia cenderung tak menambah menu makanan lain selain tujuh butir kurma.

"Sahur kurma tujuh buah, sekalian menghilangkan sihir yang ada. So, kita enggak tahu ada sesuatu yang buruk, mungkin ada kejelekan di dalam diri dikeluarkan dengan tujuh butir kurma," kata Dewi.

Selain kurma, dia juga mulai lebih banyak mengonsumsi buah dan sayur. Makanan berbahan daging tetap dia konsumsi namun dibatasi maksimal dua hingga tiga kali dalam seminggu.

"Aku balik lagi ke buah, sayur. Kalau makan daging seminggu dua kali maksimal. Kurma, minum infuse water itu dari Nabi Muhammad. Anti kanker," tutur dia.

Sumber: Tempo

Instagram: @dewisandra

Oleh: Maliah Surip