Pasangan Shireen Sungkar dan Teuku Wisnu ternyata punya cara tersendiri mendidik tiga orang anak mereka.

Sebagai orang tua, keduanya mengaku tidak membebankan anak anak mereka yakni Teuku Adam Al Fatih, Cut Hawa Medina Alfatih dan putri ketiga mereka Cut Shafiyyah Mecca Alfatih dengan rutin yang berat.

Namun, mereka sadar kewajiban mendidik sebagai orang tua, apa lagi yang berkaitan ilmu agama amat penting.

Justru, biar anak anaknya masih dianggap balita itu bukan alasan buat Shireen tidak menanamkan nilai agama terhadap anaknya hanya karena merasa ia masih terlalu awal.

Sebaliknya kini, biar baru berusia 5 tahun, anak sulungnya, Adam sudah bisa menghafal beberapa ayat suci Al Quran berkat didikan Shireen dan suaminya. Pencapaian itu pun telah membikin bangga sang ibu yang berusia 27 tahun itu.

Menerusi tayangan Entertainment News yang diunggah pada Sabtu (6/4/2019) melalui kanal YouTube Net Entertainment News, pasangan itu membeberkan cara bagaimana mereka mendidik Adam sehingga si bocah kini bisa menghafal beberapa ayat Al Quran tanpa paksaan.

Kata Shireen, dia mengajarkan nilai-nilai agama kepada anak anaknya melalui metode bermain dan itu telah diterapkan sejak Adam berusia 3 tahun.



"Jadi mau dibikin main aja sebenarnya bisa karena mereka kan masih anak kecil ya jadi fitrahnya masih main. Jadi bukan sesuatu paksaan kalau anaknya nggak mau ya sudah jangan dipaksa kan masih kecil banget," ungkap Shireen seperti yang dilansir dari Grid.id.

Imbuhnya lagi: "Misalnya aku main nih, dia kan sukanya dino atau suka planetlah atau apalah gitu kan atau mobil-mobilan simpel-lah.

"Misalnya mobil-mobilan, 'eh ini mobil mami, ini mobil Adam ya. Mobil mami mau kesini eh ada penghalangnya, penghalangnya bisa buka kalau Adam baca surat Al-Falaq dulu."

"Jadi mau nurut tuh, biasanya gitu. Jadi harus pinter-pinteran orang tua 'ayo ini nggak bisa nih, nggak bisa keluar nih ditutup. Ayo Adam baca surat Al-Falaq dulu'."



Dalam belajar mengaji, Adam juga dibantu oleh guru privat. Namun oleh karena sesi tersebut cuma sebentar, dan sebagai orang tua, mereka memainkan peranan besar untuk mereview pelajaran sang anak.

Hasilny Adam kini mampu hafal lebih banyak surat dalam Al-Qur'an. Kemampuan Adam itu pun membuat Shireen berasa senang.

"Sudah mulai belajar Iqra', tapi belum lancar. Baru beberapa yang sambung sudah, Tapi masih dikit," ungkap Shireen.

"Untuk umur dia, aku sih bahagia banget," imbuhnya.

Di sebalik semua usahanya, ia bukanlah untuk mempamerkan sikap bagus dirinya dalam mendidik anak anaknya sayangkan agama.

Hal itu ia lakukan lantaran berharap buah hatinya mampu menjadi pribadi yang lebih dari dari sang orang tua.

"Mencoba menerapkan sedini mungkin gitu. Dengan harapan anak-anak kita mampu lebih baik dari orang tuanya," tutur Shireen.

Instagram: Shireen Sungkar

Oleh: Maliah Surip