Pedangdut Inul Daratista memang terkenal kerap curhat menerusi akun Instagramnya.

Banyak kisah pribadi dan perjuangannya dalam berkarier dicurahkan Inul bersama aktivitas aktivitas terkininya.

Pada Kamis (21/3/2019), Inul menyedot perhatian warganet dengan sebuah curhat panjang tentang kehidupan masa kecil, memori pernikahan dan kisah sang suami, Adam Suseno yang dibilang pendiam.

Pada foto yang memperlihatkan sebahagian perabot dan potret pernikahannya, Inul menulis kehidupan masa kecilnya tidak bahagia. Dia mengungkapkan latar keluarganya dengan bapak seorang penjahit dan emaknya seorang ibu rumah tangga yang menjual rokok dipinggir jalan.

Sebagai seorang yang tidak pinter, dia mengaku dulu kerjanya bantu emak mengupas kulit kacang yang ingin dijual dititipin ke toko toko.

"Jika bapak ga ada jahitan dan jualan emak gak habis, beli beras, minyak, dan lain lain, ngutang dulu. Gali lobang tutup lobang," tulisnya.

Sambung Inul sebagai seorang yang punya hobi menyanyi dirinya memberontak untuk keluar dari kemiskinan sekali gus bisa merubah nasibnya dan keluarga lalu mulai berjuang dari nol.

Namun, curhatnya yang menyita rasa adalah saat Inul membeberkan dirinya menerima mas sebagai pelengkap mas kawin bersama seperangkat alas solat yang dipinjam suaminya sebelum perlu dipulangkan saat malam pertama perkawinannya.



"Mas kawin seperangkat alas sholat dan emas yang ternyata emasnya pinjem gak tau sama mas Adam pinjem sama siapa.

"Aku tanya kenapa koq pinjem yank ?? Biar aku gak malu sama keluargamu," tulis Inul yang juga mengungkapkan mengeluarkan modal sebanyak Rp500 ribu untuk majelis pernikahannya.

Dia kemudian menyambung: "Subhanalllah, kemudian belum sampe pagi, malam pengantin baru mas kawin berupa emas aku balikin lagi ke mas Adam, tar klo ada uang akan dibelikan lagi sesuai gramnya."



(Inul Daratista kini hidup mewah hasil kerja kerasnya)

Usai menikah, Inul mengatakan dirinya ikut Mas Adam tinggal di rumah mertuanya karena sang suami merupakan anak laki laki satu satunya.

Bersama Adam, diapun membangunkan perjuangan kariernya dengan dan menguruskan semuanya sebaik mungkin sehingga dirinya bisa menyelesaikan masalah kredit dengan baik.

"Strategi matang aku bisa selesaikan kredit dengan baik, bisa bantu adik adik sekolah, bisa bantu emak dan lain lain," imbuhnya.

Terakhir, pelantun yang terkenal dengan gaya Goyang Ngebor itu mengungkapkan suami yang telah dinikahi sejak tahun 1995 sebagai sosok 'menakutkan'.



(Inul juga pernah curhat tentang perjuangannya bersama suami untuk mendapatkan anak yang diberi nama Yusuf Ivander Damares)

"Mas Adam orangnya menakutkan. Jarang ngomong, sekalinya ngomong pedes apalagi soal urusan kerjaan atau nyanyi. Gak bisa sambat capek di depan dia. Jawabnya hanya satu saja.

"Banyak cerita tangis tapi aku ga bisa nangis karena klo nangis juga percuma, sama kumis cuma di lirik doank," bebernya.

Pun kata Inul, itu semua momen silam karena kini pencapaian lelahnya telah terbayar semua. Namun dirinya kini tetap harus kerja keras.

"Hidup bukan utk ongkang ongkang kaki. Ibadah no 1. Cari rezeki juga no 1. Semua harus balance, seimbang. Ora et labora," pungkas wanita yang kini berusia 40 tahun itu.

Instagram: Inul Daratista

Oleh: Maliah Surip