Nama Risa Santoso menjadi viral sejak beberapa hari lalu. Perempuan ini bukan seorang selebriti atau pucuk muda di industri hiburan, namun namanya menjadi trending di Twitter juga heboh dibicarakan karena prestasinya.

Di usia 27 tahun, Risa menjadi rektor termuda Indonesia. Hal itulah yang membikin banyak orang kagum dengan prestasinya.

Risa diberitakan telah dilantik menjadi rektor Institut Teknoogi & Bisnis ASIA Malang sejak 2 November lalu.

Dikutip dari pelbagai sumber, kabar pelantikan Risa ikut heboh setelah sebuah akun Instagram milik pengguna @ben_asiamalang.

"Tanggal 2 november 2019 kemarin institut asia memiliki rektor muda cantik bernama Risa Santoso, BA., MA. Ed , rektor termuda di indonesia dengan banyak sekali pengalaman dan memiliki latar belakang yang menarik.

"Dan selamat atas dilantiknya Risa Santoso, BA., MA. Ed sebagai rektor institut asia malang," tulis akun instagram @ben_asiamalang.

Persoalannya siapa Risa? Ia adalah lulusan Universitas Barkeley dan Harvard yang sebelum dilantik menjadi rektor sempat menjabat jawatan sebagai Direktur Pengembangan di Institute Asia, Malang sejak tahun 2017 sehingga beberapa waktu lalu.



Ia juga merupakan tenaga ahli muda di Kantor Staf Presiden serta memiliki banyak pengalaman di bidang pekerjaan dan mengikuti beragam pelatihan kerja dan semasa di kuliah.

Lewat tanggung jawab dan kepercayaan yang diberikannya untuk memimpin Institut Teknologi & Bisnis Asia Malang, Risa mengaku merasa terhormat.



Dilansir dari Wolipop pada Kamis (7/11/2019), Risa bercerita jika ia sebenarnya tak pernah bermimpi menjadi seorang rektor.

Namun setelah mendapat amanat baru sebagai Rektor Institut Asia, wanita tersebut melihat sebagai sebuah amanat dan tantangan dalam perjalanan karier dan berkontribusi pada bangsa.

"Sama sekali tidak mimpi ingin menjadi Rektor. Ini adalah amanat baru bagi perjalanan karir saya. Artinya saya ditantang untuk memberikan kontribusi lebih pada dunia pendidikan.

"Dan saya melihat kesempatan emas ini sebagai sebagai bukti bahwa anak muda Indonesia dapat memimpin. Maka saya merasa posisi ini perlu saya ambil agar saya bisa berkontribusi pada pertumbuhan bangsa ini.

"Karena saya percaya, hanya pendidikan yang bisa menyelamatkan masa depan," ucap Risa Santoso yang menambah tidak mengira akan menjadi pemberitaan.

Momen ini pun ingin digunakan Risa untuk membuktikan bawa wanita dan anak muda juga bisa jadi pemimpin.

"Dan yang terpenting lagi, saya bisa katakan bahwa anak muda dan perempuan juga mampu menjadi pemimpin dan berkarya untuk bangsa ini," katanya yang pernah menjadi tutor ekonomi, matematika dan statistik di Diablo Valley College.


Kredit Foto: idNews
Instagram: @santosorisa