Dena Rachman memang diketahui sebagai seorang transgender. Dirinya yang lahir dengan nama Renaldy Denada Rachmanmalah terbuka mengaku seorang transgender di tahun 2013 silam dan nyaman dengan kondisinya itu.

Namun, kini dirinya sedang menjadi perbincangan lantaran tindakannya yang mengibarkan bendera Indonesia saat ikut pesta parade LGBT (Lesbian, Gay, Biseksual dan Transgender) Pride March 2019 yang diselanggarakan di New York tak lama dulu.

Dena, 31, dilihat dengan bangga ikut pesta tersebut memakain gaun berwarna purple sambil mengibarkan bendera Indonesia.



Dia malah dilihat menulis di kolom caption dengan berkata: "Proud to be Indonesian, Proud to be trans, Proud to be human, Happy #pride lovers!

Tindakannya itu lantas membikin banyak pihak marah. Hal ini karena, Indonesia adalah salah satu negara yang tidak mendukung LGBT. Dena malah seperti tidak sensitif dan bangga mengibarkan bendera Indonesia yang memberi imej buruk kepada tanah air.

Antara komentar yang ditinggalkan kepadanya berbunyi: "Tolong lah jangan bawa-bawa gituan pake nama Indonesia," "Bikin malu Indonesia aja ini org," dan "Gk menghargai Indonesia sbg negara muslim kau.. Udh jls2 indo ngelarang.."

Instagram: @denarachman

Oleh: Maliah Surip