Pelawak Indonesia, Achmad Syahidan atau populer dengan nama Idan Separo telah berpulang untuk selamanya pada Rabu, 2 September 2020 pukul 16.45 di Rumah Sakit Mekarsari, Bekasi, Jawa Barat. Kabar duka tersebut berawal dari unggahan sahabat almarhum, Lucky Daries Taufiq via akun instagram miliknya.

“Mohon di bukakan pintu maaf yang sebesar-besar nya, Semoga Almarhum Husnul Khotimah dan Di lapangan Alam Kubur nya... Aminn,” tulis Lucky dalam akun @lucky.daries yang disertai foto almarhum dalam perawatan intensif, Rabu (2/9).

Menurut pengakuan sang kakak, penyebab meninggalnya almarhum dikarenakan penyakit diabetes yang dideritanya cukup lama. Dalam prosesnya, Idan cukup enggan untuk meminum obat.

“Jadi dia kena diabetes. Saat itu nggak mau minum obat karena capek,” ujar Edo Sundaur, kakak Idan saat ditemui awak media.

Selain penyakit diabetes, Idan juga mengidap penyakit komplikasi seperti jantung, ginjal dan infeksi paru-paru. Sempat berhembus kabar dikhawatirkan Idan terkena virus covid-19, namun dibantah oleh Edo.

“Saya lihat negative (hasil test). Nggak ada Covid, Alhamdulillah,” sambungnya.

Setelah sempat disemayamkan di rumah duka, jenazah pun dimakamkan di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Poncol, Bekasi, Jawabarat, Kamis (3/9). Kepulangan Idan diantar sejumlah sahabat pelawak hingga perisitrahatan terakhirnya. Diantaranya Rudy Kubil, Opie Kumis, Daus Separo hingga Udin Penyok.

Di dunia hiburan, Idan dikenal sebagai salah satu personil grup lawak Separo bersama Daus Separo. Nggak hanya melawak, Idan juga pernah terlibat peran di sejumlah sinetron seperti Kuasa Ilahi, Emak Gue Jagoan.

Kredit Foto: Liputan6.com. Suara.com

Oleh: Ryks