Model dan sosialit Manohara Odelia Pinot belum lama ini akhirnya meluruskan soal keyakinan dan agamanya.

Mantan istri Pangeran Kerajaan Kelantan, Malaysia itu mengatakan biar sulit dan masih berkonflik untuk membuka perihal privatnya namun ia harus memberi konfirmasi.

Tulisnya di akun Instagramnya, @manodelia, perempuan berusia 27 tahun itu mengaku ia sudah bertahun tahun menjadi penganut Kristen.

"Saya Kristen dan telah berlangsung beberapa tahun. Itu simple," tegas Manohara dalam pengakuannya yang ditulis berbahasa Inggris.

Sebelumnya, ia mengaku tidak bermaksud untuk mempublikasikan soal keyakinannya itu karena mengatakan agama adalah sebuah yang sangat pribadi antara diri sendiri dan Tuhan.

Biar kini memiliki keyakinan sebagai Kristen, Manohara mengatakan hal itu tidak sepatutnya menjadi sebuah masalah, apa lagi untuk dibicarakan di publik.

"Ketika menulis ini, saya masih berkonflik untuk berbagai hal. Itu karena saya gagal untuk melihat bagaimana ini bukanlah urusan siapapun atau harus membuat perbedaan pula.

"Bagaimanapun, kita orang Indonesia. Bhineka Tunggal Ika. Itu tertulis di lambang nasional kita. Jangan menyimpang jauh dari itu," pungkasnya.



Instagram: @manodelia

Oleh: Maliah Surip