Kalau kamu seorang penggemar film dan setia mengikuti perkembangan festival-festival film ternama di seluruh dunia, maka kamu akan mengenal siapa Marsha Timothy. Betul, dia adalah pemeran Marlina di film berjudul "Marlina the Murderer in Four Acts" atau "Marlina Si Pembunuh dalam Empat Babak."

Film yang disutradarai oleh Mouly Surya ini baru saja berhasil memenangkan banyak penghargaan di berbagai kategori Piala Citra 2018 kemarin. Berkat film ini juga, Marsha Timothy berhasil merebut piala di kategori Pemeran Utama Wanita Terbaik.


(Penghargaan terkini yang dimenangi dalam ajang Piala Citra 2018 sebagai Pemeran Utama Wanita Terbaik)

Namun tahukah kamu, bahwa sebelumnya istri Vino G. Bastian ini bahkan sudah banyak menjuarai ajang festival bergengsi di mancanegara?

Lahir di Jakarta pada 8 Januari 1979, Marsha Timothy memulai debut aktingnya lewat sebuah film bergenre petualangan yang berjudul Ekspedisi Madewa. Tidak hanya menjadi aktor layar lebar, Marsha juga membangun karirnya lewat sinetron, iklan, dan video musik.

Kepopuleran Marsha mulai naik ketika ia membintangi film Merah itu Cinta, di mana ia mendapatkan nominasi Pemeran Utama Wanita Terbaik di Festival Film Indonesia untuk pertama kalinya di tahun 2007.


(Marsha juga memenangkan penghargaan Best Actress di Sitges - Catalonian International Film Festival 2017 menerusi film Marlina the Murderer in Four Acts yang digemari di luar negara)

Pada tahun 2009, Marsha menerima sebuah tantangan untuk terlibat menjadi pemeran wanita utama di sebuah film thriller berjudul "Pintu Terlarang." Lewat film ini lah, Marsha berhasil memperluas lingkup perannya dan mulai mengepakkan sayapnya di jagad perfilman Indonesia.

Setelah dengan beringas memerankan Marlina, seorang janda yang melawan dan ingin menuntut keadilan hukum karena diperkosa, karir Marsha melesat ke ranah mancanegara. Marlina the Murderer in Four Acts mendapat sambutan yang luar biasa saat diputar di Cannes Film Festival 2017.

Film yang menampilkan Marsha sebagai pemeran tokoh utamanya ini mendapatkan banyak nominasi di festival film internasional yang bergengsi, seperti AFI FEST (American Film Institute Festival) 2017, Asia-Pacific Film Festival 2017, Istanbul International Film Festival 2018, dan banyak lagi.

Bahkan Marsha juga memenangkan penghargaan Best Actress di Sitges - Catalonian International Film Festival 2017.

Yang lebih mengejutkan, ternyata lewat penghargaan tersebut, Marsha mengalahkan beberapa nama yang sudah malang melintang di jagad perfilman dunia, seperti Masami Nagawa dari Jepang, Monika Balsai dari Hungaria, dan bahkan Nicole Kidman dari Amerika Serikat!


(Bakat Marsha Timothy pun banyak diiktiraf dalam beragam anugerah di luar negara)

Biarpun sudah menang banyak, namun Marsha Timothy tetap adalah seorang pribadi yang rendah hati. Dilansir dari Detik.com, saat diwawancarai di Taman Ismail Marzuki pasca memenangkan Piala Citra 2018, Marsha berkata ia tidak menduga akan mendapatkan penghargaan kelas nasional tersebut biarpun sudah dibanjiri dengan piala-piala kelas dunia.

"Nggak lah, nggak mungkin kalau acara kayak gini menyangka, pede gila. Saya bisa masuk nominasi senang," begitu katanya.

Sumber: https://hot.detik.com/movie, https://www.imdb.com
Instagram: Marsha Timothy

Oleh: Tommy Pranama