Banyak yang bilang bahwa kreativitas seniman tak bisa dikekang meski hidup dibalik jeruji sekalipun.

Fariz RM, Ariel Noah hingga Saipul Jami adalah sebagaian nama musisi yang tetap berkarya meski dibalik penjara.

Kini, pentolan grup musik Dewa 19, Ahmad Dhani, yang melepas karya musikalnya dalam format box set yang diberi judul Indonesian Song Book I : Ahmad Dhani Exclusive Box Set.

Sementara posisi keyboardist saat ini masih berada di Rutan Klas I Surabaya, Medaeng, Sidoarjo, Jawa Timur untuk kasus hukum yang melibatkan dirinya. Namun, urusan musik, karya Ahmad Dhani tetap berjalan. Meski dirinya tak bisa hadir, album box set hasil kerja sama Republik Cinta Manajemen dan Belialbumfisik.com tetap dirilis.

Seremoni perilisian yang berlangsung di kediamannya di bilangan Pondok Indah, Senin (15/4) sore, pada akhirnya hanya dihadiri keluarga dan kerabat dekat antaranya sang istri Mulan Jameela, dua anaknya Al Ghazali dan Dul Jaelani, Bunda Joyce (Ibunda Ahmad Dhani), Fadli Zon dan Neno Warisman.


(Album box set Indonesian Song Book I : Ahmad Dhani Exclusive Box Set dirilis Dhani dan disempurnakan oleh sang istri, Mulan, anak dan kerabat musisi itu)

“Terus terang saya cukup suprise juga tahu-tahu sudah terbuat box set ini. Isinya ada 15 lagu yang mas Dhani nyanyikan, lagu-lagu daur ulang Dhani tempo dulu.

"Bukan hanya cd, tapi juga ada kaos, buku lirik, coret-ceratan buah pikir Ahmad Dhani yang disampaikan dalam bentuk gambar. Ada sertifikatnya juga di dalam box set,” ungkap Mulan saat ditemui media.

Imbuh Mulan, dirinya memang ngga sedar tentang box set yang telah disiapkan sang suami.

“ Jujur, saya gak tahu dari kapan box set ini bikinnya. Setahu saya, dia memang hobi tulis dan edit gambar. Begitu pas dia ‘pondok’ istilah saya sebutnya, dia baru bicara sama saya dan keluarga. Dia ada karya ini. Buat kami semua di sini, suprise sekali,” tambahnya.

Bekerja sama dengan vokalis Endank Soekamti, Erix, box set terbatas ini dibandrol 350 ribu untuk satu paketnya. Bagi para fans setia musisi jenius ini, box setnya sendiri sudah bisa dipesan melalui web belialbumfisik.com.

“Untuk seorang musisi tidak mudah buat album yang digarap sendiri dari lagu, mastering, konsep, sampai full of surprise dalam box set ini.

"Saya bersyukur punya ayah, musisi yang menurut saya the best. Album ini sangat layak dibeli, banyak lagu lama Almarhum Chrisye salah satunya Sabda Alam didaur ulang dengan musik ‘zaman now’ dan hasilnya sangat menyentuh. Saya suka versi baru ini dari pada yang lama,” tutup Erix.

Foto: Ryks
Kredit Foto: Liputan6.com

Oleh: Ryks