Pada ajang Academy Awards 2019 atau Oscar 2019 yang usai berlangsung di Dolby Theatre, Los Angeles, Senin (25/2/2019), ada banyak hal menarik yang terjadi sepanjang ia diselenggara.

Tak bisa dipungkiri, hal yang paling besar tentang ajang perfilman yang sempat menuai beragam kontrovesi sebelum ia digelar adalah ajang itu sukses berjalan buat pertama kalinya tanpa pemandu acara.

Lainnya, ada banyak momen yang tercipta secara sengaja dan tidak sepanjang Oscar 2019 yang menyaksikan Bohemian Rhapsody mendahului kemenangan, begitu juga Roma dan Green Book serta aktris dan aktor yang pulang dengan piala Oscar masing masing.

Yuk simak beberapa momen yang tercipta di Oscar 2019 dan heboh menjadi perbincangan.

1. Standing Ovation buat Lady Gaga, Bradley Cooper



Biar Oscar 2019 menghadirkan Queen bersama Adam Lambert yang membuka tirai ajang dengan medley dan persembahan energatiknya, namun harus diakui, kemunculan Lady Gaga bersama lawan perannya, Bradley Cooper dalam film A Star Is Born paling dinanti.

Saking antusiasnya tetamu Oscar 2019 yang pertama kali menonton persembahan duet mereka di ajang Oscar 2019, pelantun soundtrack yang diberi judul Shallow itupun bangun dan memberi standing ovation sebaik tokoh Ally dan Jack itu selesai membuat persembahan.

Duet mereka yang sempat berkongsi mikrofon dan duduk bersama di piano serta mantapnya vokal yang dilantunkan selain 'kuatnya' Shallow telah menenggelamkan persembahan lainnya.

Dan lewat Shallow, Gaga sang penyanyi yang sukses sebagai pelakon memenangkan anugerah pertamanya di ajang perfilman.

2. Rekor Black Panther



Film Black Panther pulang dengan tiga kemenangan termasuk di nominasi Costume Design dan Production Design daripada tujuh pencalonannya di Oscar 2019.

Walaupun tewas kepada Green Book untuk nominasi Best Picture, namun hal yang harus dibanggakan oleh seluruh produksi Black Panther adalah film ini menjadi film pahlawan super pertama dari Marvel Studios yang memenangkan Oscar.

Selain itu Black Panther juga mencetak rekor tersendiri apabila desainer film Black Panther, Hannah Beachler menjadi desainer kulit hitam pertama yang memenangkan penghargaan untuk desain produksi.


3. Rok Epik Bill Porter



Penyanyi Billy Porter berjaya mencuri limelight karpet merah Oscar 2019 saat dia tampil dengan menggayakan rok velvet hitam yang merupakn tuxedo pada bahagian atasnya!

Tentulah menampilannya yang diluar norma bagi banyak pria yang selalunya tidak berani tampil konyol itu menjadi trending.

Setelah diusut, penampilan epiknya itu merupakan hasil desainer Christian Siriano. Ia pun memang merupakan pertembungan konsep maskulin dan feminisme.

Di akun Instagramnya, pria ini menulis: "Panggil aku Cinder Fella dan kita mesti berpenampilan keren saat hadir ke Oscar."

4. Rami Malek Jatuh



Peran Freddy Mercury tampaknya memang benar benar telah meninggalkan roh baik buat Rami Malek apabila sekali lagi dia memenangkan kategori Best Actor.

Di sebalik bahagianya Malek dengan kemenangan itu, dia juga meninggalkan momen tersendiri di Oscar 2019. Malek terjatuh usai mengambil piala kemenangannya.

Pihak medis kemudian dilihat memberi rawatan buat Malek dan aktor berusia 37 tahun itu langsung dipindahkan ke area private di belakang panggung.

Ada juga yang mengatakan karena insiden tersebut, bintang utama Bohemian Rhapsody itu terlepas untuk berfoto dengan semua pemenang Oscar di nominasi film.

5. Gandeng Keluarga


Ajang Oscar 2019 pun menjadi 'pentas' buat para tetamunya hadir dengan menggandeng keluarga masing masing.

Sutradara film Roma, Alfonso Cuaron yang juga Best Director Oscar 2019 menggandeng putrinya, Tess dan anak prianya, Olmo. Regina King sang pemenang Best Supporting Actress pun hadir bersama ibunya, Gloria.

Dalam wawancaranya bersama E! King berkata: "Saya tau ibu tidak ingin ikut terkena limelight. Dia hanya akan mengikut dan memberi dorongan terkuat buat saya dan menyimpan kasih sayang yang tak terhingga buat saya."

Selain itu, bintang The Black Panther, Michael B. Jordan turut hadir bersama ibunya, Donna Jordan serta Amy Adams yang menerima nominasi untuk kategori Best Supporting Actress hadir bersama keluarganya iaitu ibu, Kathryn Adams dan dua adik beradiknya yang lain.

Dan terakhir, bintang A Star Is Born, Bradley Cooper bukan sahaja hadir bersama ibunya, Gloria Campano tetapi turut menggandeng kekasihnya, Irina Shayk di Oscar 2019.

Kredit Foto: Getty Images, AFP, AP, Oscar, Bostonreview.net
Instagram: Billy Porter

Oleh: Maliah Surip