Film Parasite memecah rekor perfilman Korea Selatan setelah dinobatkan sebagai pemenang Best Foreign Language Film Golden Globe Awards 2020.

Karya sutradara Bong Joon-ho itu menjadi film pertama yang memenangkan kategori tersebut dalam Golden Globe Awards 2020 yang diselenggara di Amerika Serikat pada Minggu (5/1/2020).

Parasite mengalahkan empat pesaing lainnya yakni The Farewell (Amerika Serikat), Les Misérables (Prancis), Pain and Glory (Spanyol) dan Potrait of Lady on Fire (Prancis).

Joon ho mengaku takjub dan bersyukur dengan pencapaian Parasite di Golden Globe 2020. Pasalnya, film itu tidak masuk ke kategori Best Picture Award karena sepenuhnya menggunakan Bahasa Korea.

"Wow, menakjubkan tak bisa dipercaya," kata Bong Joon-ho yang merasa terhormat setelah menerima piala di atas panggung.



Kepada The Hollywood Reporter, sutradara itu mengatakan ia menggunakan satu bahasa yang biar tidak difahami, namun diterima oleh audiens di seluruh dunia.

"Saya rasa kami hanya menggunakan satu bahasa yakni bioskop," ucapnya.

Parasite juga menjadi salah satu film terlaris di Korea Selatan sepanjang 2019. Sang sutradara mengangkat kisah kesenjangan kehidupan dua keluarga.

Keluarga pertama beranggotakan Kim Ki-taek, supir cabutan yang menikah dengan istrinya Choong Sook bersama dua anak berusia belasan tahun di sebuah apartemen bawah tanah yang tak layak huni.



Mereka semua pengangguran hingga akhirnya Ki-woo, putra keluarga tersebut, berkesempatan kerja di rumah keluarga Park yang kaya raya. Perlahan, seluruh anggota keluarga Kim bekerja di rumah keluarga Park.

Satire kehidupan keluarga tersebut dibungkus secara apik dengan bumbu komedi gelap ala Bong Joon-ho.

Kredit Foto: The New Yoker, The Hollywood Reporter

Oleh: Maliah Surip