Ajun Perwira mendadak menjadi sorotan netizen Indonesia lantaran keputusannya menikahi Jennifer Jill. Pasangan yang menikah pada 22 – 23 April 2019 di Nusa Dua, Bali, ini memiliki kepercayaan agama yang berbeda. Pemilik nama lengkap Anak Agung Bagus Perwira ini lahir dan besar di Bali dan menganut kepercayaan Hindu.

Di sisi lain, Jennifer Jill Armand-Supit berasal dari keluarga Katolik. Mereka pun memutuskan untuk menikah menggunakan dua ada pernikahan yang dilangsungkan selama dua hari. Hal itu untuk menghormati dua keluarga yang akhirnya saling menyatu

Bukan hanya perbedaan agama saja yang ada di pernikahan ini, tapi juga perbedaan usia yang sangat jauh antara Ajun dan Jennifer. Ajun Perwira baru berusia 31 tahun pada tahun 2019 ini, sedangkan Jennifer Jill terpaut 17 tahun.

Cerita menarik pernikahan beda agama dan beda usia jauh ini ternyata bukan milik Ajun Perwira dan Jennifer Jill. Sudah banyak pasangan selebriti yang juga memutuskan untuk menikah dengan perbedaan di dalamnya. Berikut beberapa pasangan tersebut.

1. Desta dan Natasha Rizky

Mantan personil grup band Club 80’s ini juga menemui banyak perbedaan setelah menikah dengan Natasha Rizky. Perbedaan usia pasangan ini pun cukup mencolok, yaitu 16 tahun. Desta sudah berusia 35 tahun saat mengajak menikah Natasha yang kala itu masih berusia 19 tahun.

Bukan hanya perbedaan usia saja, Desta dan Natasha juga sering berselisih pendapat tentang urusan agama. Seperti yang diketahui, Desta berasal dari orang tua yang berbeda kepercayaan juga.

Sedangkan, Natasha hadir sebagai seorang artis cantik yang lebih taat dalam urusan agama. Tidak bisa dipungkiri bahwa banyak bumbu yang ada di dalam keluarga mereka, seputar agama dan pergaulan di lingkungan sekitar.

2. Aldi Bragi dan Ririn Dwi Ariyanti

Cerita lain lagi dari pernikahan antara Aldi Bragi dan Ririn Dwi Ariyanti. Dua pasangan yang menikah pada tahun 2010 ini punya rentang usia 15 tahun. Aldi sudah berusia 48 tahun dan Ririn berusia 33 tahun.

Namun, bukan di situ sisi menarik dari pasangan selebriti ini. Saat meminang Ririn, Aldi sudah berstatus duda dari mantan istrinya dulu, Ikke Nurjanah, yang bercerai pada tahun 2007.

Pemilik nama lengkap Reinaldi Hutomo Wahab ini sudah dikaruniai tiga orang anak. Anak pertama datang dari istri pertamanya. Anak kedua dan ketiga dari Aldi Bragi ini didapat dari pernikahan dengan Ririn.

3. Sarah Sechan dan Neil Furuno

Asam garam kehidupan sudah dilalui oleh Sarah Sechan. Dengan pengalaman segudang, Sarah Sechan akhirnya memutuskan menikah pada tahun 2003 silam. Sayang, pernikahannya tidak lagi sejalan dan harus berpisah pada 2011. Tak lama, Sarah Sechan pun bertemu dengan Neil Furuno.

Pasangan ini pun dekat dan memutuskan menikah pada 2015 lalu. Namun, kadang pandangan orang Indonesia suka mempermasalahkan pernikahan beda agama. Sarah Sechan dan Neil Furuno akhirnya memutuskan untuk menikah di Amerika Serikat.

4. Dimas Anggara dan Nadine Chandrawinata

Beda cerita lagi dengan Dimas Anggara dan Nadine Chandrawinata yang menikah tahun 2018 silam. Pasangan selebriti ini menikah di Bhutan dengan hanya dihadiri oleh orang-orang terdekat. Baik Dimas maupun Nadine sama-sama memutuskan untuk pergi negara yang berada di Asia Selatan itu karena aturan menikah beda agama tanpa banyak omongan miring.

Hebatnya, pasagan ini sama sekali tidak terlalu memusingkan perkara agama yang akan mereka anut nantinya. Menurut Dimas dan Nadine, agama itu adalah urusan pribadi masing-masing orang dan seharusnya itu adalah urusan setiap individu, bukan orang lain.

5. Ari Sihasale dan Nia Zulkarnaen

Sebenarnya, pasangan ini pernah menjalin hubungan di masa lalu. Namun, Nia Zulkarnaen memutuskan untuk menikah lebih dulu dengan kekasihnya. Baru menikah empat tahun, suami Nia meninggal dan memutuskan untuk kembali ke pelukan mantannya, Ari Sihasale. Mereka pun menikah pada tahun 2003 sampai sekarang.

Pasangan artis senior ini adalah pasangan beda agama yang malah tetap akur dalam hubungan rumah tangga mereka. Malahan, di momen Ramadhan, Ari Sihasale yang bukan beragama muslim selalu menemani Nia Zulkarnaen sahur dan berbuka puasa.

Bisa dibilang, sesungguhnya pernikahan beda agama dan beda usia yang jauh tidak terlalu berpengaruh asal dua-duanya baik dalam menjaga hubungan. Kasih sayang harus di atas segalanya.

Instagram: Desta, Nia Zulkarnaen, Nadine Chandrawinata, Neil Furuno, Aldi Bragi

Oleh: Ade K Irawan