Penggemar karya fenomenal Star Wars kini sedang berduka setelah kabar pemeran pertama Chewbacca di film tersebut, Peter Mayhew dilaporkan meninggal dunia.

Mayhew menutup usia di rumahnya di Texas Utara pada 30 April lalu pada usia 74 tahun.

Sebuah pernyataan dikeluarkan di Twitter resmi memberi konfirmasi mengenai kabar duka itu.

"Keluarga Peter Mayhew dengan banyak cinta dan kesedihan, berat membagi kabar Peter telah meninggal dunia.

"Dia meninggalkan kita pada 30 April 2019 sore, ditemani keluarganya di rumah di Texas Utara," umum mereka.



Di akun resmi Twitter Star Wars, mereka dengan dukacita mengunggah foto hitam putih sebagai belasungkawa terhadap pemergian Mayhew. Kathleen Kennedy dilihat menulis mereka begitu sedih mendengar berita meninggalnya Mayhew.

"Sejak 1976, Peter memberi sebuah gambaran ikonik mengenai Chewbacca yang setia dan penuh kasih sayang.

"Ia pun menjadi bagian dari kesuksesan karakternya dan kisah Star Wars itu sendiri," tulisnya.



Aktor Harrison Ford pula mengungkapkan dirinya dan Mayhew telah berteman selama lebih 30 tahun dan cukup menyayangi pria itu.

"Dia telah menginvestasikan jiwanya dalam karakter. Chewbacca adalah bagian penting dari film ini. Dia mendedikasikan diri dan membawa banyak kegembiraan untuk penonton Star Wars. Saya dan semua pengikut galaksi Star Wars tidak akan melupakannya," ungkap Ford seperti yang dilansir dari Variety.


Pemeran Luke Skywalker, Marik Hamill pula menyampaikan kekaguman dan belasungkawanya kepada Chewbacca yang dikatakan cukup baik hati dan lemah lembut dengan mengunggah beberapa foto Mayhew dan dirinya bersama saat berada di salah satu set Star Wars.

"Dia mempunyai hati yang besar dan tidak pernah gagal membuat aku tersenyum. Aku menjadi lebih baik setelah mengenalinya. Terima kasih Pete," tulisnya sambil meninggalkan tagar #RIPPeterMayhew #Heartbroken.



Sebagai Chewbacca, Mayhew muncul di siri The Empires Strikes Back, Return of the Jedi, Revenge of the Sith, The Force Awakens dan The Star Wars Holiday Special.

Dirinya yang pertama kali ditemukan oleh produser Charles H. Schneer ketika bekerja di sebuah rumah sakit di London juga telah menulis dua buku berjudul My Favorite Giant dan Growing Up Giant.

Kredit Foto: Hollywood Reporter
Sumber: Hollywood Reporter

Oleh: Maliah Surip