Setelah empat tahun menantikan keturunan, pasangan artis Andrew Andika dan Tengku Dewi sangat bahagia dikaruniai bayi laki-laki yang lahir pada Rabu (14/4) sekitar pukul 09.00 WIB.

Tengku Dewi melahirkan bayi laki-laki lewat persalinan caesar dengan berat 3,7 kg dan panjang 51 cm, yang diberi nama Eshan Rayn Fischer, dengan kondisi sehat walafiat.

Sebelum dikaruniai anak, Tengku Dewi dan Andrew Andika menjalani proses bayi tabung. Sebab, selama menikah sejak tahun 2017, mereka belum juga dikaruniai momongan.

"Alhamdulillah telah lahir anak pertama kami Eshan Rayn Fischer, anak yang sudah kami nantikan selama ini dan lahir dengan sehat," kata Andrew Andika dalam jumpa persnya di RSIA Bunda Menteng, Jakarta, Jumat (16/4).

Andrew menceritakan pengalamannya yang diberikan kesempatan oleh dokter, menyaksikan langsung perjuangan sang istri, Tengku Dewi saat melahirkan anak pertama. Ia diizinkan karena hasil PCR Swab Tesnya negatif dari covid-19.

"Wah itu seru sih, benar-benar tegang banget," ungkapnya.

Cemas, tegang, dan haru dirasakan oleh pria berusia 33 tahun saat mendampingi istrinya melahirkan. Bahkan, ia sampai menangis ketika janin bayinya dikeluarkan dokter dari kandungan Tengku Dewi.

"Waktu dengar bayinya lahir dan menangis, kita juga sampai nangis," ucap Andrew Andika.

"Kita tuh nggak berhenti-henti nangis. Sampai sekarang itu kaya ini benar gak ya kita itu udah jadi ibu sama bapak. Sedih banget," timpal Tengku Dewi dengan mata berkaca-kaca.

Karena sangat bahagianya, diakui Andrew Andika Fischer ia sampai lupa ucapan adzan saat ingin mengadzankan anaknya. Ia pun meminta bantuan dokter untuk memandu mengadzankan putranya itu.

"Aku dengerin dari youtube dan segala macam, giliran pas hari H, pas sudah lihat anaknya dokter bilang, 'silahkan adzan'. Karena terharunya aku nanya karena lupa, 'gimana ya dok lupa' gitu," jelas Andrew Andika.

"Jadi pas pesanin allahuakbar allahuakbar, ya bingung habis itu kata apaan lagi ya. Tapi alhamdulillah anakku lahir dengan selamat," tambahnya.

Tengku Dewi Putri beri penjelasan mengapa ia melahirkan anak pertamanya dengan proses persalinan caesar. Hal itu dikarenakan posisi sang bayi sungsang sehingga tidak mungkin melahirkan dengan normal.

"Jadi pas dicek kandungan dibulan keberapa saya lupa, posisinya sungsang. Setiap bulan masih sama posisinya sungsang sampai mau melahirkan. Akhirnya karena sudah 39 minggu, dokter ambil tindakan caesar," tutur Tengku Dewi.

Dewi menceritakan arti nama anaknya, Eshan Rayn Fischer, yang memiliki arti Eshan adalah pintu surga, sementara Rayn yang lahir di bulan suci ramadan memiliki arti soleh, menyejukan, dan membanggakan hati orangtuanya, serta Fischer diambil dari nama belakang Andrew.

"Kita mencarinya itu dari arti kata islam. Ya semoga anak ini menjadi pertanda baik dan bisa membanggakan orangtuanya," pungkasnya.

Oleh: Herco
Foto: Herco