Penyanyi R Kelly nampaknya harus menerima realiti bahwa dirinya akan sekali lagi mendekam di balik jeriji besi.

Pada malam Jumat (22/2/2019), pelantun hit I Believe I Can Fly itu akhirnya menyerahkan diri ke polisi setelah menerima tuduhan pelecehan seksual tersebut.

Ekoran itu, pada Sabtu (23/2/2019), R Kelly kemudian telah dituntut oleh Hakim Pengadilan Chicago, Hakim John Fitzgerald Lyke Jr untuk membayar jaminan sebesar US41 juta (Rp14 miliar).

Selain itu, R Kelly dilarang untuk melakukan kontak dengan wanita yang berusia di bawah 18 tahun. Dia juga tidak dibenarkan berkomunikasi dengan cara apapun bersama korban juga saksi.

Bintang berusia 52 tahun itu pada Jumat (22/2/2019) telah dituduh dengan 10 tuduhan pelecehan seksual oleh salah seorang juri di pengadilan Chicago. Kasus tersebut telah berlangsung dari tahun 1998 sehingga 2010.

Dalam pertuduhan itu, dia telah melakukan pelecehan seksual terhadap empat wanita yang salah satunya terhadap gadis berusia 14 tahun.



R Kelly mungkin bisa masuk dalam kelompok pedofilia apabila jaksa menemukan pria itu telah melakukan hubungan berulang kali dengan gadis berusia 14 tahun.

Hal itu terungkap menerusi video bukti. Antara perlakuan yang dibuat terhadap gadis yang ditidurinya bintang dengan nama asli Robert Sylvester Kelly itu memaksa melakukan oral seks, ejakulasi ke atasnya sekaligus telah meninggalkan bukti DNA.

Padahal sewaktu dia melakukan pelecehan seksual tersebut pada tahun 2008 sehingga 2010, R Kelly sedang menjalani persidangan atas tuduhan pornografi anak.

Dia juga 'ditangkap' berhubungan seks dengan penggemarnya berusia 16 tahun (pada waktu kejadian) yang cuba mendapatkan tandatangan bintang tenar tersebut.

Kemudian, R Kelly sekali lagi berhubungan seks dengan gadis berusia 16 tahun yang sedang merayakan ulang tahunnya di sebuah restoran.



Jaksa juga membeberkan, R Kelly cenderung memerangkap wanita untuk melakukan seks dengannya dengan menggunakan populariti.

Biar kuasa hukum penyanyi itu yaitu Steven Greenberg membantah soal rekaman yang diterima jaksa pengadilan Chicago dengan mendakwa wanita wanita itu berbohong dan hanya menginginkan uang, namun R Kelly tidak mengajukan sebarang bantahan.

Pada tahun 1994, R Kelly dilaporkan berkahwin dengan penyanyi yang juga protegenya pada waktu itu Aaliyah yang berusia 15 tahun.

Dia kemudian diboikot dengan tagar #MuteRKelly.

Sumber: The New York Times, BBC
Kredit Foto: AFP, Getty Images, BBC

Oleh: Maliah Surip