Desa Tuk Songo di Purworejo, Jawa Tengah, Indonesia kini sedang jadi perhatian dunia. Pasalnya desa melakukan karantina diri dan melarang warganya keluyuran dengan cara yang unik.

Untuk mengantisipasi warganya yang nakal, desa ini membuat pocong yang akan bertugas di jalan masuk utama desa.

Setelah itu warga yang akan keluar masuk wajib menunjukkan tanda pengenal yang akan diperiksa oleh kedua pocong tersebut.

Adapun alasan meletakkan dua pocong untuk berjaga, untuk mengingatkan warga tentang kematian.

"Siapapun yang ngeyel dan tak bisa menjaga diri dari penularan virus Corona ya bisa kaya pocong ini, alias mati," kata Angko Setiyarso Widodo, melalui sebuah tayangan video.



Dan tak disangka cara menggunakan pocong itu bukan saja menjadi trending topik di Twitter tetapi sukses debut di berita di sebuah stasiun televisi Korea Selatan.

MBC menampilkan salah satu desa di Indonesia yang dijaga 'pocong' saat pandemi Corona. Tak hanya MBC, stasiun televisi lain di Korea juga sempat memberitakan hal tersebut. Hal ini kembali diunggah akun Twitter @PR0DV.

Dalam video tersebut, pembawa berita Korea mengangkat cara unik Indonesia untuk mencegah orang keluar rumah di tengah pandemi corona yang mewabah.

"Sebuah desa di Indonesia memiliki cara unik agar para warganya tak keluar rumah dan tetap mengkarantina diri masing-masing," ujar pembawa acara yang mengganti kata pocong dengan pocongie, sesuai pelafalan orang Korea.

"Di Indonesia, penghormatan terakhir untuk orang meninggal yang beragama islam, akan ditutup kain putih dr kepala sampai kaki dan dipanggil Pocong," lanjut pembawa berita tersebut menjelaskan arti kata pocong.

Video-video yang memperlihatkan orang-orang yang masih keluyuran malam hari akan dikejutkan dengan sosok berwarna putih yang membuat orang-orang akan lari ketakutan.

"Karena orang-orang (di Indonesia) terlihat lebih takut pocong dibanding virus Corona," tutur pembawa berita seperti di kutip dari Tempo.



Kini, penduduk Korea menyebut kata pocong menjadi beragam. Seperti Pocongie atau Pocongie-nim. Kata Pocongie malah menjadi trending topik di laman Twitter selama beberapa hari belakangan ini.

Penulis Korea bernama Bae Dong-sun yang disebut telah mempelajari hantu-hantu di Indonesia. Dia mengatakan kepada Yonhap News bahwa pocong adalah hantu Indonesia yang unik.

“Pocong itu bisa terbang atau teleportasi dan orang Indonesia benar-benar takut dengan pocong.”

Kredit Foto: Tempo

Oleh: Maliah Surip