Selain memberi warna dalam dunia perfilman nasional, aktris Raline Shah sejak dulu memang dikenal aktif dalam beragam kegiatan sosial.

Terkini, sebagai salah satu pendiri Yayasan Bakti Nusantara, Raline membagikan kisah mengenai 35 murid sekolah dasar di Nabire, Papua.

Menurut Raline, para murid SDN Muko di distrik Yaro harus berjuang untuk bisa sampai di sekolah. Lantas ia bersama timnya buat pertama kali akan membangun asmara di daerah terdepan, terluar dan tertinggal (3T) di Indonesia dan salah satunya ada di daerah Papua.

"Hari ini kami menerima sumbangan dari Bosch untuk bikin asrama di Papua. Saya atas nama yayasan, di mana saya co-founder-nya, Bakti Nusantara, kami membantu daerah-daerah 3T di Indonesia," kata Raline saat konferensi pers di Kafe Kisaku, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa (14/1/2020).

Ia juga menambahkan alasan di balik rencana membangunkan asrama tersebut.

"Mereka mempunyai sekolah, tapi anak-anaknya ternyata harus jalan dari gunung, melewati hutan tiga jam setiap harinya untuk ke sekolah dan pulang".

"Karena alhamdulillah SD-nya lumayan oke dan SD-nya sudah bagus, tapi anak-anaknya ini lho yang dari pedalaman, mereka belum bisa belajar dengan efektif kalau harus pulang balik," tutur Raline yang akan mengunjungi lokasi tersebut untuk kali pertama pada 28 Februari 2020 mendatang.

Instagram: @ralineshah

Oleh: Maliah Surip