Penyanyi Rihanna resmi merilis autobiografi visual dengan 504 halaman pada Jumat (11/10/2019).

Autobiografi yang dijual pada harga 150 dolar itu berisi dengan lebih 1 ribu foto foto yang kebanyakannya belum pernah dirilis ke publik.

Bintang berusia 31 tahun itu memberi judul autobiografi itu sempena namanya, Rihanna.

Diresmikan di Museum Guggenheim, New York, AS, Rihanna mengatakan autobiografi tersebut penuh dengan foto foto eksklusif yang dirakamkan oleh beberapa fotografer termasuk fotografer turnya, Dennis Leupold, dan sahabat baiknya, Melissa Forde.

"Terima kasih untuk foto foto yang luar biasa. Aku malah tidak sadar bahwa ada kamera sedang merakamku," ucap Rihanna seperti dilansir dari Essence.com.



Penyanyi yang sudah masuk ke ranah musik pada usia 16 tahun juga mengatakan ada kisah perjuangan kariernya yang bermula sejak usianya belasan tahun.

"Aku sudah bekerja sangat keras dan konsisten sewaktu aku masih muda. Aku kira aku tidak pernah beristirahat, bahkan sekarang lebih gila.

"Melihat kembali ke masa silam ku, aku ingin memberitahu diriku yang dulu, yang lebih muda untuk lebih banyak berlibur karena saat ini aku hampir tidak ada waktu untuk itu," ungkapnya kepada Billboard pula.

Rihanna bukan saja membawa pembaca ke dunia Rihanna semasa kecil di kampung halamannya, Barbados, melihat dirinya meledak di bisnes kecantikan serta menjadi salah satu ikon musik dunia melalui ribuan foto tersebut, tetapi ia juga disertakan dengan sentimental surat tulisan tangan perempuan itu buat sang ibunya.

Autobiografi ini mula dijual pada 20 Oktober mendatang.



Kredit Foto: Wire Images, Metro.uk


Oleh: Maliah Surip