Film besutan terbaru Disney, Aladdin kini sedang mengembalikan nostalgia dan fantasinya di bioskop seluruh dunia. Ia pun menjadi film live action atau adaptasi animasi pertama dari rumah produksi tersebut yang tayang di tahun 2019.

Pada saat film remake dari animasi Aladdin di tahun 1992 itu menuai beragam respons dari penggemarnya, banyak yang menarik dari film arahan sutradara Guy Ritchie ini yang bisa menggoda penggemar untuk ke bioskop menonton karya yang sudah diputar di Indonesia pada 22/5/2019.

Pertama tentunya ia tentang pemeran utama Aladdin yakni Meena Massoud, aktor Inggris asal Mesir. Hal ini karena sebelum aktor ini terpilih mewujudkan Aladdin versi baru, Disney meletakkan piawaian yang cukup tinggi buat sang sutradara.



Ritchie perlu mendapatkan sosok pria berusia 20 an yang bukan hanya bisa berlakon, tetapi harus menyanyi dan menari. Dia juga perlu mendapatkan wajah Timur Tengah sehingga sempat menjalankan audisi dari London hingga ke Abu Dhabi hanya untuk merealisasikan pemeran Aladin.

Pun sebelum ia menjadi milik Massoud, nama aktor Inggris keturunan Gujarat, Dev Patel dan aktor keturunan Pakistan, Riz Ahmed sempat dilirik Disney.

Peran Putri Jasmine yang dimainkan Naomi Scott sebelumnya hampir menjadi milik pelakon asal India, Tara Sutaria. Pun aktris yang terkenal dengan penampilan tomboynya itu dikatakan mampu membawa karakter Jasmine dengan cukup baik.



Selain itu, kota fiksi di film yang mengangkat suasana Timur Tengah yakni Kota Agrabah dicipta khas sehingga memakan masa selama dua bulan untuk dibangunkan. Ia pun dibangunkan di atas lapangan seluas dua padang bola.

Demi mendapatkan kesan nyata Timur Tengah, film ini menjalani penggambaran dengan berlokasi syuting di Yordania. Tepatnya, mereka syuting di sebuah padang pasir bernama Wadi Rum.

Perhiasan yang dipakai properti di dalam gua, saat Aladdin menemukan lampu ajaib semuanya asli.



Dan terakhirnya, tentulah suara pada soundtrack film ini juga memainkan peranannya tersendiri. Zayn Malik menyanyikan lagu utama A Whole New World bersama Zhavia Ward sebagai rekan duetnya untuk versi bahasa Ingris.

Lagu utama yang sama kemudian punya versi tersendiri untuk negara lainnya termasuk Indonesia. Penyanyi Isyana Sarasvati dan Gamaliel dari "GAC" terpilih untuk membawakan lagu A Whole New World oleh Disney Indonesia.

Film Aladdin mengisahkan tentang seorang anak jalanan bernama Aladdin, Putri Jasmine yang berani dan penuh tekad, serta Genie, jin yang muncul dari lampu ajaib dan menjadi kunci bagi masa depan Aladdin dan Putri Jasmine.



Kredit Foto: Disney

Oleh: Maliah Surip