Media sosial memang punya dua sisi mata uang. Satu sisi bisa buat seseorang memberikan masukan yang baik untuk para followers-nya dan di sisi lain bisa buat seseorang memiliki banyak haters. Lupakan tentang fans karena para haters punya cerita lebih menarik di mata berita.

Berikut beberapa kasus selebriti dan haters yang terjadi di media sosial!

Anjasmara dan Dian Nitami

Sebuah unggahan Dian Nitami di Instagram pribadinya (@bu_deedee) dengan caption :“Umbrella cannot stop the rain, but allow us to stand in the rain, confidence may not bring success, but it give power to face the challenge..”ternyata mendapat komentar miring dari seorang hater. Sebuah akun bernama @corrissa.putrie ternyata menyebar kebencian dengan sebuah komentarnya.

“Itu hidung ny jelek.bgt..melar bht..jempol kaki.jg bs masuk..waduh..operasii lha…..katany artis..masa duit buat perbaiki hidup gag ada..waduh..”

Komentar ini pun banyak dibalas oleh warganet lain yang juga kesal. Tak butuh waktu lama, suami Dian Nitami, Anjasmara, pun langsung melaporkan kasus body shaming ini ke polisi.

Pemilik akun @corrissa.putriebisa dijerat dengan pidana 4 tahun penjara dan/atau denda paling banyak Rp750 juta. Kabar terakhirnya pun diketahui, pemilik akun tersebut sudah meminta maaf.

Namun, sepertinya kasus tersebut masih tetap dilanjutkan.

YG Entertainment


YG Entertainment, salah satu agensi besar asal Korea yang mengayomi banyak artis terkenal, termasuk Blackpink, iKON, dan Big Bang mengendus banyaknya rumor dan ujaran kebencian kepada para artisnya.

Awal tahun 2019 ini pihak manajemen sudah mengajukan laporan kepada pihak yang berwajib dan meminta mereka mengawasi para penggemarnya.

Dalam ujaran resminya, pihak YG Erntetainment mengungkapkan bahwa mereka menemukan kebanyakan pelaku sudah berusia di antara 20 hingga 30 tahun.

Malahan, ada pengakuan yang sudah sampai tahap investigasi yang mengirim komentar buruk.

Beberapa kasus pun sudah dibawa ke kejaksaan dan masuk dalam penyeledikan akhir. Tahun ini pun pihak manajemen masih berencana untuk melajutkan aksi tegasnya tersebut.

Ussy Sulistiawaty



Karena sudah nggak bisa bertoleransi, Ussy Sulistawaty pun melaporkan pembuli anak sulungnya, ke Polda Metro Jaya pada Selasa (11/12/2018). Penyanyi itu melaporkan lebih 10 akun yang melakukan bully terhadap anak sulungnya, Nur Amalina Putri.

Ussy mengaku tak terima dengan perkataan-perkataan warganet yang melakukan body shaming terhadap anaknya. Ia mengaku hal tersebut berdampak buruk pada psikologis anaknya tersebut.

Kasusnya kini masih dalam penyelidikan pihak polisi.

Deddy Corbuzier

Bukan sekali Master Deddy Corbuzier menangkap haters dan menasihatinya. Sejak tahun 2016, Deddy Corbuzier sudah menjadi musuh besar dari para haters-nya.

Bukan dilaporkan ke polisi atau mengajukan kasusnya ke jalur hukum, Deddy langsung turun tangan sendiri untuk menangkap hater dan menyuruh mereka meminta maaf.

Menjalani karier di duniaentertainment memang jalan yang berat untuk seorang artis. Bukan hanya akan mendapatkan ketenaran dalam hal baik, mereka pastinya akan menemukan orang-orang yang tidak suka dengan kesuksesan orang tersebut.

Pada Oktober 2018, Deddy Corbuzier pun memberikan peringatan untuk para hatersagar tidak menebar kebencian kepadanya.

Ashanty

Penyanyi dan istri dari, Anang Hermansyah, ini pun punya pengalaman buruk dengan para haters. Akhir tahun 2018, Ashanty mendapatkan ujaran buruk dari seorang hater pemilik akin Instagram @genk_ijo. Akun tersebut berkomentar dengan mengatakan bahwa Ashanty adalah seorang tante girang.

Ashanty belum melaporkan kasus ini ke jalur hukum dan hanya meminta permohonan maaf dari pelaku ini secara terbuka. Jika tidak ada niat baik dari pelaku, bukan hal yang tidak mungkin Ashanty akan melaporkannya ke pihak yang berwajib guna dilakukan penyelidikan.

Aura Kasih


Selepas berita perkahwinan dengan suami bulenya, Eryck Amaral pada 22 Desember 2018 lalu, Aura Kasih tesebar dan kemudian mereka membeberkan fakta kalo aktris itu sedang hamil, Aura Kasih pun keburuan diserang haters.

Sejak itu wanita ini dibully teruk oleh para haters. Terkini, Aura Kasih sekali lagi teruk dibully berkaitan kasus prostitusi online yang didakwa turut membabitkan dirinya.

Selain dibully hamil duluan, Aura Kasih sempat dituding mengidap penyakit HIV.

"sabarrrrr sabaarrrr!! lagi hamil!!!!," tulis Aura Kasih berhadapan dengan para hatersnya.

Aura Kasih pun menutup ruangan komentar pada akun Instagramnya. Sang suami pula menerusi akun Instagramnya seperti memberi dukungan buat Aura Kasih.

Namun Aura Kasih belum angkat bicara kalo dia mau membawa hatersnya hingga ke ranah hukum.

Masih banyak lagi kasus selebriti versus haters yang terjadi. Harusnya hal ini juga jadi pembelajaran buat kita semua supaya lebih bijak dalam menggunakan internet dan media sosial.

Oleh: Ade K Irawan