Siapa orang Indonesia yang tidak kenal dengan sosok Agnez Mo? Penyanyi, dancer, aktris, dan juga penulis lagu yang multi-talenta ini bisa dibilang seperti ratu di jagad industri entertainment Indonesia.

Memulai karirnya sebagai penyanyi cilik lewat album Si Meong pada tahun 1992, perempuan bernama lengkap Agnes Monica Muljoto ini kini sudah go internasional lewat karirnya sebagai musisi dan memiliki segudang prestasi.

Namun, layaknya selebriti dengan nama yang besar, belum afdol bila tidak menuai kontroversi dari berbagai kalangan. Hebatnya Agnez Mo, banyaknya kontroversi tersebut tidak pernah membuatnya patah semangat untuk berkarir.

Apa saja prestasi dan kontroversi yang dimiliki oleh Agnez Mo sehingga sebelum tahun 2019 ditutup, nama perempuan ini menjadi paling heboh di Twitter Indonesia.

Tak hanya menduduki peringkat ketiga untuk akun yang paling banyak dibicarakan di Twitter Indonesia, tagar Agnez Mo (#agnezmo) juga paling banyak digunakan di Indonesia tahun ini.

Simak karier, prestasi dan kontroversi seorang Agnez Mo ini.

1.Prestasi: Menyabet Banyak Penghargaan Bergengsi

Sumber: WowKeren.com

Agnez Mo banyak diklaim oleh penggemarnya sebagai Musisi Indonesia dengan Anugerah Penghargaan Terbanyak. Benar atau tidaknya mungkin memang masih menjadi pertanyaan, tapi sejauh ini, Agnez memang sudah mendapatkan penghargaan yang tidak bisa dibilang sedikit.

Penghargaan-penghargaan tersebut di antaranya adalah 18 Anugerah Musik Indonesia, 8 Panasonic Awards, 5 Nickelodeon Indonesia Kids' Choice Awards, dan 4 MTV Indonesia Awards. Ia juga telah menerima banyak penghargaan internasional, termasuk 1 Anugerah Planet Muzik, 3 Asia Song Festival, 7 JPopAsia Music Awards, 2 Mnet Asian Music Awards, 1 Shorty Awards, 3 Social Star Awards, 1 World Music Awards, and 1 iHeartRadio Music Awards.

Dalam menghargai kontribusi dan dukungannya kepada industri musik Indonesia, Agnez juga memperoleh penghargaan berupa Nugraha Bhakti Musik Indonesia (NBMI) award dari pada tahun 2011 dari Kementerian Budaya dan Pariwisata serta Asosiasi Penyanyi, Penulis Lagu, dan Produser Musik Indonesia.

2.Prestasi: Main Sinetron Bareng Jerry Yan

Sumber: Detik.Com

Tahun 2006 adalah tahun yang membanggakan bagi Agnez dan penggemarnya. Tahun ini juga menjadi titik pertama Agnez mewujudkan mimpinya go-international. Usai membintangi salah satu serial televisi di Shanghai, Agnes pun kembali mendapat tawaran dari salah satu rumah produksi di Taiwan untuk menjadi salah satu pemeran dalam serial televisi yang dalam bahasa Inggris berjudul The Hospital.

Yang mengejutkan dirinya, Agnez ternyata akan beradu peran dengan salah satu anggota F4, yaitu Jerry Yan. Dalam serial televisi ini, dirinya berperan sebagai salah satu pasien rumah sakit, dan di setiap adegan Agnes wajib menangis karena karakter perannya seperti itu. Tak diduga, aktingnya pun mendapat pujian dari Jerry Yan.

3.Kontroversi: Memakai Baju Tulisan Arab Saat Tampil di Panggung

Sumber: Bintang.com

Saat namanya sedang tinggi menjulang, Agnez pun dihadapkan pada sesuatu yang bisa dibilang merupakan kontroversi besar pertamanya. Pada perayaan ulang tahun salah satu stasiun TV swasta Indonesia di Tahun 2016, banyak penonton yang berang melihat kostum yang dikenakan Agnez. Bukan hanya tembus pandang, namun terdapat tulisan Arab di bawah kostum tersebut.

Banyak yang mulai mengklaim bahwa Agnez telah “menistakan agama”, namun setelah ditelusuri dari sudut pandang yang lebih jernih, klaim tersebut terbukti salah.

Setelah dikonfirmasi langsung ke pihak KTZ, selaku yang memproduksi kostum Agnes itu, tulisan al muttahidah yang terdapat di kostum Agnez itu berarti persatuan (united). Bahasa yang digunakan juga berbeda dengan Bahasa Arab yang digunakan oleh Al Quran.

4.Prestasi: “Collab” dengan Musisi Mancanegara



Bisa dibilang, disinilah puncak dari melejitnya karir Agnez Mo. Pada 25 September 2013, Agnez meluncurkan single yang merupakan international hits pertamanya di radio Power 106 FM di Los Angeles, Amerika Serikat.

Berjudul Coke Bottle, Agnez juga berkolaborasi dengan T.I. dan Timbaland serta banyak penulis lagu dari Amerika Serikat untuk memproduksi lagu ini.

Lebih jauh, ia juga berkolaborasi dengan banyak musisi internasional papan atas lain setelah meluncurkan single tersebut. Musisi-musisi international yang berkolaborasi dengannya antara lain Michael Bolton, Keith Martin, Chris Brown, dan juga French Montana.

5.Kontroversi: Dituduh Tidak Nasionalis


Pada sebuah interview yang dirilis oleh BUILD pada akhir November kemarin, saat sang interviewer mengatakan bahwa Agnez, “tidak terlihat seperti kebanyakan orang Indonesia”, Agnez menjawab bahwa, “saya sebenarnya memang tidak memiliki darah keturunan Indonesia”.

Hal ini memicu kontroversi dan debat yang sengit di media sosial. Beberapa netizen menuduh Agnez sombong dan tidak nasionalis. Ada juga yang sempat meminta pihak pemerintah untuk mengecek status kewarganegaraan Agnez.

Namun setelah interview tersebut ditelusuri dengan seksama, ternyata memang Agnez tidak bermaksud mengatakan bahwa dia tidak punya asal muasal Indonesia. Apa yang sebenarnya ia katakan adalah, "Sebenarnya, aku enggak punya darah Indonesia atau apapun itu. Aku (berdarah) Jerman, Jepang, China, dan aku lahir di Indonesia. Aku juga beragama KRISTEN, dan MAYORITAS penduduk di Indonesia adalah MUSLIM. Jadi, aku… Aku enggak bilang kalau aku enggak pantas berada di Indonesia karena faktanya orang-orang disana menerimaku apa adanya. Tapi, selalu ada perasaan kalau aku tidak seperti orang-orang lainnya."

Instagram: @agnezmo

Oleh: Tommy Pradana