Jalan-jalan, melancong, traveling, atau apa pun kamu nyebutnya pasti butuh destinasi yang keren. Di tahun 2018, ada sederet tempat wisata yang jadi tujuan wisata dan jadi perbincangan banyak orang. Bukan hanya karena tempatnya yang keren dan Instragamable, destinasi wisata ini hits ini punya banyak alasan didatengin. Buat kamu yang punya rencana berlibur dalam waktu dekat, ini beberapa tempat wisata keren yang bisa jadi pilihan destinasi wisata kamu berikutnya.



1. Pulau Tabuhan, Jawa Timur

Pulau di Indonesia ini banyak dan sebagian besar di antaranya merupakan tempat wisata yang cantik. Salah satunya, Pulau Tabuhan yang letaknya ada di Laut Bali, tapi masih masuk ke wilayah kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Buat sampai ke pulau Tabuhan, kamu butuh waktu sekitar 15 menit dengan menggunakan kapal dari Pantai Bangsring atau Kampe yang ada di kabupaten Banyuwangi juga.

Biarpun cuma pulau kecil di tengah lautan, ada banyak hal seru yang bisa dilakukan di sana. Buat kamu yang sudah bosan ke Bali atau Yogyakarta, bermain di pantai dengan pasir putih di Banyuwangi ini bisa jadi alternatif kegiatan yang menarik. Karena ombak di sana tenang, kamu pun bisa snorkeling di sekitar pantai dan menikmati pemandangan bawah laut.



2. Kebun Bunga Matahari Pantai Glagah, Yogyakarta

Selain pantai, wisata taman bunga juga banyak digemari di tahun 2018 ini, salah satunya Kebun Bunga Matahari Pantai Glagah. Tempat ini berada di barat daya Kota Yogyakarta dan sudah berbatasan dengan Samudera Hindia.

Apa yang bisa ditemukan di sana? Sudah pasti hamparan bunga matahari di bawah langit biru. Kebun bunga matahari memang paling pas untuk buat feed Instagram kamu jadi lebih berwarna dengan pilihan tempat wisata.

Tidak hanya hamparan kebun bunga berwarna kuning dan hijau. Kamu juga akan diberikan pemandangan gunung dan pantai di Kebun Bunga Matahari Pantai Glagah. Jika ingin ke sana, pastikan baterai kamera kamu terisi penuh dan memory card yang kosong. Jelas, berfoto di sana tidak cukup hanya sedikit jepretan.

3. Museum MACAN, Jakarta

Pandangan tentang museum di Indonesia mulai bergeser setelah hadirnya museum MACAN di Jakarta. Museum ini sebenarnya masih punya fungsi yang sama seperti museum lainnya, yaitu menyimpan karya-karya seni yang sangat bernilai. Bedanya, kamu akan melihat benda-benda seni kontemporer di dalam museum yang diresmikan pada 3 November 2017.

Museum MACAN menyimpan 90 koleksi dari 70 seniman mancanegara, mulai dari Indonsia, Eropa, dan Amerika. Liburan ke Jakarta, kini enggak lagi terbatas main di mall. Ada instalasi ikonik seperti Dots Obsession dan Infinity Mirrored Room yang harus kamu coba. Selain itu, ada juga Floating Garden yang didedikasikan untuk anak-anak agar tidak bosan. Penasaran, kan?

4. Rabbit Town, Bandung

Destinasi wisata yang ada di kawasan Ciumbuleuit, tepatnya di Jln. Rancabentang No. 30-32, Kota Bandung, Jawa Barat, ini populer jadi incaran para pelancong di tahun 2018. Biarpun sempat dianggap plagiat karya Yayoi Kusama yang dipamerkan di New York, tak lantas membuat Rabbit Town langsung sepi pengunjung.

Terdapat 17 instalasi seni yang bisa dikunjungi dan semuanya punya tema yang berbeda-beda. Selain instalasi seni populer yang dinilai sebagai ‘jiplakan’, banyak spot foto Instagramable lain yang bisa bikin feed kamu semakin menarik. Kamu mungkin juga penasaran untuk membuktikan sendiri apakah tempat ini benar-benar meniru?

5. Kampung Warna-warni Jodipan, Malang

Malang juga tak mau ketinggalan dengan menyumbangkan destinasi wisata menarik di tahun 2018. Sebuah desa warna-warni di kota Malang yang bisa kamu jadikan tujuan destinasi selanjutnya. Destinasi wisata bernama desa Jodipan ini kasih pemandangan warna-warni yang cantik, bahkan buat kamu jadikan wallpaper ponsel kamu.

Di tengah-tengah desa ini pun ada sungai kecil untuk dijadikan spot foto yang bagus. Belum lama ini pun, desa Jodipan baru saja dibangunkan sebuah jembatan dengan dasar kaca. Jadi, kamu bisa melihat pemandagan sungai dari atas jembatan. Semakin bikin para traveler penasaran.

6. Labuan Bajo, Sumba

Mendadak, Labuan Bajo pun jadi destinasi wajib para traveler di tahun 2018. Seperti destinasi laut pada umumnya, kamu akan disuguhkan dengan berbagai keindahan laut di sehari-harinya. Bukan hanya itu, Labuan Bajo juga menyuguhkan pemandangan laut dan gunung dalam satu paket. Jadi, kamu bisa bermain di pantai dan hiking hanya dengan satu destinasi wisata.

Menariknya dari Labuan Bajo adalah tempat ini dikelilingi oleh beberapa pulau kecil. Dalam satu hari, kamu pun bisa island hopping hanya dengan menaiki speedboat. Jadi, sudah siapkan waktu untuk pergi ke Labuan Bajo?

7. Orchid Forest, Bandung

Tak heran tempat ini jadi favorit di tahun 2018 karena beberapa pertunjukan seni pernah diadakan di tempat ini. Orchid Forest punya sebuah spot yang didesain layaknya panggung pertunjukan. Namun, ternyata bukan hanya itu daya tarik dari hutan pinus yang ada di Cikole, Lembang, Jawa Barat, ini. Beberapa spot-nya mendadak sering dijadikan tempat untuk foto pre-wedding.

Itu dia tadi deretan destinasi wisata yang hits di 2018 ini. Mana tempat wisata yang paling ingin kamu datangi dalam waktu dekat?

Oleh: Ade Irawan