Ada kira-kira ratusan film yang telah tayang baik di bioskop maupun di streaming service dari awal hingga akhir tahun 2019. Dari sekian banyak judul tersebut, pastinya ada beberapa yang membekas di hati kita, baik kesan positif maupun kesan negatif. Nah, apa saja film-film tersebut?

Kami merangkum semuanya ke dalam daftar 5 film terbaik dan 5 film terburuk di tahun 2019!


1. TERBAIK : PARASITE

Sumber: Cultura.ID

Tidak salah bila orang-orang yang sudah menonton Parasite menobatkan film ini sebagai sebuah ‘masterpiece’. Disutradarai oleh Bong Joon-ho, film yang memiliki banyak subteks tentang ‘privilege’ dan kelas sosial ini meraih banyak sekali penghargaan bergengsi seperti Palme D’Or Cannes 2019, Boston Online Film Critics Association 2019, dan masih banyak lagi.

Tidak mengherankan, karena sepanjang film para penonton akan dikejutkan oleh plot twist demi plot twist yang tidak pernah terduga. Lebih sedikit yang kamu ketahui tentang film ini, akan lebih maksimal pengalaman menontonmu kelak!


2. TERBAIK : PORTRAIT OF A LADY ON FIRE

Sumber: IndieWire.com


Film yang pernah ditayangkan secara spesial di IFI Thamrin oleh Misbar.ID pada awal September 2019 kemarin ini menjadi begitu membekas tidak hanya di hati para pecinta film di Jakarta yang sempat menontonnya, namun juga para penonton lain di seluruh dunia.

Bercerita tentang seorang wanita bangsawan yang ingin dilukis sebelum dinikahi oleh bangsawan lainnya, film ini menceritakan kisah kasih tak sampai yang begitu memilukan dan tak lekang oleh waktu.


3. TERBAIK : MARRIAGE STORY

Sumber: NyTimes.com

Film yang tayang di Netflix pada awal Desember kemarin berhasil mencuri perhatian netizen di seluruh dunia. Berkisah tentang dua pasangan yang sedang di ambang perceraian, film yang dibintangi Adam Driver dan Scarlett Johansson ini memicu perbincangan hangat di media sosial tentang bagaimana perceraian akan berdampak tidak hanya kepada anak yang ditinggalkan, namun kepada kondisi finansial masing-masing pihak juga.

4. TERBAIK : THE IRISHMAN

Sumber: FilmSchoolRejects.com

Martin Scorsese, sang filmmaker legendaris dunia, kembali membuat film mafia dengan durasi 3.5 jam dengan judul The Irishman. Film yang ditayangkan di Netflix dan dibintangi oleh Al Pacino, Robert De Niro, dan Joe Pesci ini mendapatkan banyak kritik positif dari para penggemar maupun reporter film di seluruh dunia karena memberikan antitesis dari film-film gangster yang pernah ia buat sebelumnya: bahwa menjadi gangster itu tidak membawa hal yang baik bagi dirimu sendiri maupun keluargamu.


5. TERBAIK : MIDSOMMAR

Sumber: WherestheJump.com


Menjadi salah satu film horor yang paling ditunggu di tahun 2019, Midsommar jelas tidak mengecewakan. Meskipun mendapatkan sensor yang amat buruk, pesona film yang dibintangi oleh Florence Pugh dan Jack Reynor ini tetap mampu menyihir para penonton film di Indonesia dan membuat mereka ketakutan biarpun film yang bercerita tentang suku misterius di Skandinavia ini kebanyakan berlatar belakang di tempat yang terang.


6. TERBURUK: STAR WARS EP. IX - THE RISE OF SKYWALKER

Sumber: Lenoirauteur.net


Sekuel dari The Last Jedi yang telah dinantikan selama lebih dari 2 tahun ini berakhir sangat mengecewakan. Film yang kembali dibintangi oleh Daisy Ridley dan Adam Driver ini, alih-alih menjadi film yang bisa menjadi konklusi terbaik dari sebuah saga yang telah dibangun selama 40 tahun lamanya, film ini malah memberikan plot yang tidak jelas juntrungannya dan semata-mata hanya ingin memuaskan keinginan “fans” dengan memasukkan elemen-elemen cerita yang tidak masuk akal.

7. TERBURUK: CATS

Sumber: TheTimes.co.uk


Dikabarkan tayang pada 27 Desember ini di Indonesia, Cats telah menjadi film yang sukses membuat para kritikus dan penonton seluruh dunia menobatkannya sebagai film terburuk di tahun ini. Film yang pada awalnya diniatkan untuk menjadi film comedy musical ini, dengan sentuhan visual effect yang begitu mencekam bagi tiap karakternya, malah berubah menjadi film yang menyeramkan dan menjadi mimpi buruk bagi orang-orang yang telah selesai menontonnya.

8. TERBURUK: AFTER

Sumber: Media.SkyeGrid.ID

Bukanlah hal yang aneh bila sebuah fan-fiction diangkat ke layar lebar, karena Fifty Shades of Grey sudah lebih dulu menjadi contoh akan hal tersebut. Tidak terkecuali After, film yang diadaptasi dari sebuah fan-fiction tentang Harry Styles di Wattpad. Namun harus diakui, kualitas film-film yang diangkat dari sebuah fan-fiction tidak pernah berakhir baik. Sama seperti After yang tidak lebih dari kisah cinta remaja kosong dan vulgar dengan pesan pesan yang melanggengkan toxic relationship.

9. TERBURUK: X- MEN DARK PHOENIX

Sumber: GamesRadar.com


Sama seperti Star Wars - The Rise of Skywalker, X-Men - Dark Phoenix juga merupakan sebuah akhir sekuel yang bisa dibilang sangat buruk dan tidak memuaskan. Plot yang malas, eksekusi yang tidak optimal, serta penokohan yang buruk membuat film yang dibintangi oleh Sophie Turner ini masuk ke dalam daftar film terburuk di tahun 2019.

10. TERBURUK: HELLBOY

Sumber: Kompas.com


Idealnya, sebuah remake harusnya berakhir lebih bagus dari film sebelumnya. Kendati demikian, remake Hellboy yang satu ini malah terpuruk dan membuat penonton menyesal telah menghabiskan uang mereka untuk menonton. Banyak yang mengeluh soal bagaimana pihak lembaga sensor di Indonesia memotong film ini secara keji, namun pada kenyataannya sutradara dan editor film ini lah yang tidak memotong adegan demi adegan film ini secara baik sehingga terlihat sangat amatir. Ceritanya pun tidak lebih dari biasa saja. Sebuah kekecewaan terbesar bagi penonton di tahun 2019.