Masyarakat Indonesia bisa dibilang keranjingan dengan musik K-Pop. Tahun 2019 ini pun, artis dan grup K-Pop datang silih berganti dan mengadakan konser di Tanah Air untuk para fans-nya di Indonesia. Bukan hanya itu, musik mereka di YouTube dan layanan streaming pun terus-menerus diputar. Berita tentang para K-Pop idol pun membanjiri portal berita online Indonesia.

Bila melihat perjalanan dalam satu tahun ini, ada beberapa idol grup yang paling banyak dicari. Yuk, simak grup K-Pop mana saja yang paling populer tahun 2019 ini!

1. BTS

Bangtan Boys jadi boyband K-Pop yang paling banyak dicari sepanjang tahun. Grup yang satu ini pun mengeluarkan single di YouTube yang sudah diputar ratusan juta kali pada April 2019 lalu.

Bukan hanya YouTube, lagu berjudul Boy with Luv ini pun diputar di banyak radio Indonesia hingga lebih banyak orang lagi yang bisa mendengarkan.

BTS pun jadi artis K-Pop pertama yang mengadakan konser di Arab setelah negara tersebut membuka diri untuk kebudayaan luar. Di Indonesia sendiri, BTS pun ditunjuk jadi brand ambassador dari perusahaan e-commerce terbesar. Apa pun hal berbau BTS, bisa sangat laris dan dicari orang.

2. EXO

Idol grup keluaran SMTown ini juga sudah sangat terkenal di Indonesia sejak beberapa tahun silam. EXO pun jadi salah satu grup yang paling banyak dicari di Indonesia setahun belakangan, terlebih saat mereka sudah merencanakan hadir di Indonesia pada Desember 2019.

Tahun ini pun EXO merilis satu lagu berjudul Obsession di YouTube. Walaupun single ini baru dirilis pada akhir November, viewers-nya sudah hampir 40 juta hanya dalam kurun waktu setengah bulan saja. Sudah menonton videonya, belum?

3. Blackpink

Blackpink bukan lagi hanya sekadar idol grup Korea Selatan. Grup yang beranggotakan Lisa, Rose, Jennie, dan Ji-Soo ini sudah menjadi artis yang dikenal oleh seluruh dunia. Mereka pun sudah melakukan konser di berbagai negara, termasuk Indonesia yang diadakan pada 2018 lalu.

Blackpink merilis single berjudul Kill This Love pada 2019 ini. Lagu tersebut pun memecahkan rekor sebagai video yang paling banyak ditonton di YouTube dalam kurun waktu 24 jam.

4. Twice

Girlband keluaran JYP Entertainment juga menempati urutan teratas daftar pencarian sepanjang tahun ini. Grup yang berisikan sembilan personil ini pun sempat manggung di Jakarta pada 2018 lalu. Grup yang terkenal dengan lagu “TT” ini pun mengeluarkan beberapa single pada 2019 ini, seperti Fancy dan Feel Special.

Dua lagu tersebut sudah ditonton lebih dari ratusan juta kali sampai penghujung tahun 2019 ini. Lagu-lagu TWICE terkenal dengan nada yang cerita. Pastinya cocok untuk didengarkan pada pagi hari sebelum memulai aktivitas.

5. Red Velvet

Grup yang satu ini pun sudah punya fanbase yang besar di Indonesia. Tak heran mereka sering bolak-balik ke Indonesia untuk membawakan lagu-lagu andalan mereka. Red Velvet pun menjadi K-Pop idol yang banyak dicari di Indonesia lantaran mereka akan melakukan comeback di akhir tahun 2019 ini.

Grup yang beranggotakan Irene, Joy, Yeri, Seulgi, dan Wendy ini sudah terbentuk sejak 2014 lalu. Salah satu keinginan terbesar mereka dalam waktu dekat adalah mengadakan konser tunggal di Indonesia. Semoga semua itu segera terlaksana, ya.

6. Super Junior

Grup yang satu ini tidak ada matinya sejak dulu. Biarpun sudah ada beberapa personil yang keluar, penampilan Super Junior tetap dinantikan oleh para fans. Super Junior pun merilis beberapa single tahun ini, seperti Super Clap dan I Think I.

Kabar yang paling bikin gembira para Elf, sebutan penggemar Super Junior, adalah konser Super Junior di Indonesia yang akan diselenggarakan awal 2020 nanti. Tak heran lagu-lagu dan video dari Super Junior ini kembali banyak dicari sepanjang 2019 ini.

Itu dia sederet K-Pop idol yang paling populer di tahun 2019 ini. Mana yang jadi favorit kamu? Kira-kira, mereka bisa tetap bertahan pada 2020 nanti?

Kredit Foto: KBIZOOM

Oleh: Ade K Irawan