Bila mengenang tahun 2019, banyak sekali momen-momen yang monumental, baik yang mengharukan, memilukan, menginspirasi, atau malah mengecewakan. Semua emosi tersebut bercampur aduk menjadi satu mewarnai tahun yang akan mengakhiri dekade yang dimulai dari 2010 ini.

Apa saja berita yang paling viral di 2019 ini, dari sekian banyak kejadian yang muncul baik di seluruh dunia maupun Indonesia? Kami merangkumnya ke delapan poin berikut!


1.Pernikahan Jonas Brothers: Nick x Priyanka dan Joe x Sophie

Sumber: GossipCop.com

Pada Juni 2019 kemarin, para penggemar Jonas Brothers dibuat berbunga-bunga hatinya. Bagaimana tidak, dua orang kakak beradik yang paling digandrungi millenial dan Gen Z sejagad raya, Nick Jonas dan Joe Jonas, telah resmi menikah. Terlebih, semua publik merasa familiar dan bahkan setuju dengan sosok-sosok yang akan menikahi idola mereka tersebut.

Setelah Nick Jonas menikahi Priyanka Chopra pada Desember 2018 lalu di India, Joe Jonas pun tidak mau kalah. Ia menikahi tunangannya, Sophie Turner (pemeran Sansa Stark di Game of Thrones), pada 1 Juli 2019 di Perancis. Meskipun mewah, namun pernikahannya berlangsung dengan cukup terbatas. Hanya orang-orang tertentu yang bisa datang dan menyaksikan. Meskipun begitu, bukan berarti publik tidak bisa merayakannya, bukan?

2.Game of Thrones Berakhir Mengecewakan

Sumber: LATimes.com

Sayangnya, pernikahan Sophie Turner dan Nick Jonas hanyalah satu-satunya berita baik yang terkait dengan Game of Thrones. Serial yang mulai tayang di HBO pada 2011 lalu dan dijadwalkan berakhir pada Mei 2019 ini berakhir dengan sangat mengecewakan. Daenerys Targaryen, sang Ibu dari Naga yang didambakan menjadi pahlawan di akhir serial malah berubah menjadi musuh terbesar sebenarnya. Meskipun banyak yang memprediksi hal ini bakal terjadi, tapi tetap saja banyak orang berpendapat bahwa ini bukanlah suatu hal yang adil.

Kamu pecinta Game of Thrones juga? Bagaimana pendapatmu dengan serial yang satu ini?

3.KKN di Desa Penari: Cerita Menyeramkan dari Jagad Twitter

Sumber: Okezone.com

Indonesia digemparkan oleh sebuah cerita horor yang muncul dari Twitter. Masalahnya, bukan cuma sangat menyeramkan, namun cerita yang terdiri dari tiga bagian sudut pandang ini banyak dikonfirmasi oleh publik sebagai sebuah kisah nyata. Yak, apalagi kalau bukan KKN di Desa Penari.

Dituturkan oleh akun Twitter anonim dengan ID @SimpleM81378523, KKN di Desa Penari bercerita tentang Widya, Nur, Ayu, Bima, Wahyu dan Anton yang sedang melaksanakan Kuliah Kerja Nyata di sebuah desa misterius di daerah Jawa Timur. Satu per satu kejadian aneh menimpa mereka sampai mereka akhirnya sadar bahwa hal yang jauh lebih buruk dari kematian mengancam mereka.

Kabarnya, cerita tentang KKN di Desa Penari ini akan difilmkan ke layar lebar dengan Aghniny Haque berperan sebagai Ayu, Adinda Thomas sebagai Widya, dan Achmad Megantara sebagai Bima. Film dikabarkan akan tayang pada 2020 nanti.

4.Martin Scorsese Mengkritik Film-Film Marvel Cinematic Universe

Sumber: Matt Winkelmeyer/WireImage


Oktober lalu, saat diwawancarai oleh majalah Empire, salah satu filmmaker legendaris di dunia Martin Scorsese mengatakan bahwa ia tidak menganggap bahwa film-film Marvel Cinematic Universe merupakan bagian dari cinema.

Bukan hanya publik yang bereaksi, namun para filmmaker Marvel Cinematic Universe dan juga para aktornya ikut serta menanggapi pernyataan sang legenda tersebut. Ada yang tersinggung, namun ada juga yang merespon secara lebih dewasa.

Kontroversi ini membuat Martin Scorsese menulis artikel opini baru lewat New York Times pada 4 November 2019, yang pada intinya menyatakan bahwa approach bisnis kreatif yang dilakukan oleh Disney lah yang pada akhirnya akan membahayakan masa depan industri film itu sendiri.

5.Aktivisme Semu Awkarin: Bangkit dan Langsung Hancur dalam Satu Bulan

Sumber: Kompas.com

Pada bulan September 2019 lalu, publik dikejutkan dengan kemunculan sosok Awkarin di tengah-tengah demonstrasi Reformasi Dikorupsi di depan Gedung MPR/DPR yang sedang membagikan nasi box kepada para demonstran. Belum lagi, videonya memadamkan kebakaran hutan di Kalimantan juga viral di YouTube. Hal ini membuatnya dipuji oleh banyak pihak di media sosial, bahkan banyak yang menganggapnya sebagai pahlawan.

Namun hal ini tidak berlangsung lama. Saat tengah menikmati badai pujian yang tengah menerpanya, seorang pekerja seni kreatif bernama Nadiyah menegurnya lewat Twitter, mengatakan bahwa ia masih berhutang dengan para seniman yang karyanya ia curi dan komersialisasi tanpa kredit maupun royalti.

Naas, perempuan bernama asli Karin Novilda ini malah mengancam untuk menuntut Nadiyah dengan pasal UU ITE yang bermasalah tersebut. Kontan hal ini memicu amarah publik yang menilai Awkarin menggunakan ‘abuse of power’ untuk melegitimasi kelakuannya mencuri karya orang lain. Selamat tinggal, kesemuan aktivisme Awkarin!

6.My Chemical Romance Mengadakan Konser Reuni

Sumber: Altpress.com


Emo akan kembali bangkit! My Chemical Romance, salah satu band yang mempelopori kultur emo pada pertengahan dekade 2000-an mengumumkan bahwa mereka akan memulai reunion tour di awal 2020 nanti setelah sebelumnya bubar pada tahun 2013 lalu.


Hal ini memicu keramaian di media sosial, termasuk Twitter. Banyak orang dewasa yang mengaku ingin kembali menggunakan eyeliner mereka dan kembali ke fase emo untuk menikmati kembali kejayaan tur reuni My Chemical Romance. Apakah kamu termasuk salah satunya?


7.Kematian Sulli F(X) dan Goo Ha-Ra

Sumber: Matamata.com


Dunia K-Pop tengah dilanda ombak duka di akhir tahun 2019 ini. Bagaimana tidak, setelah kematian Sulli atau Choi Jin-ri mantan personil girlband F(X) pada 14 Oktober lalu karena bunuh diri, sahabatnya Goo Ha-Ra juga ditemukan meninggal di apartemennya pada 24 November. Rangkaian kejadian bunuh diri yang tragis dari kedua perempuan di industri entertainment Korea Selatan ini memicu diskusi yang sengit tentang mental health, industri K-Pop yang terlalu eksploitatif, serta kesetaraan gender dan bagaimana perempuan selalu diperlakukan tidak manusiawi di Korea Selatan.

8.Agnez Mo Tidak Nasionalis: Benar atau Salah?

Akhir tahun 2019 ditutup dengan kontroversi yang hangat dari Indonesia. Kali ini, Agnez Mo, selebriti multitalenta asal Nusantara, dituduh oleh beberapa netizen “sombong dan tidak nasionalis” karena jawaban yang ia berikan pada sebuah interview yang dirilis oleh BUILD pada akhir November kemarin.

Lengkapnya, di interview tersebut Agnez mengatakan bahwa, “saya sebenarnya memang tidak memiliki darah keturunan Indonesia”. Kontroversi ini memuncak hingga ada netizen yang meminta pihak pemerintah untuk mengecek status kewarganegaraan Agnez.

Namun setelah interview tersebut ditelusuri dengan seksama, ternyata memang Agnez tidak bermaksud mengatakan bahwa dia tidak bangga dengan negaranya tersebut Indonesia.

Ia hanya mengatakan bahwa ia tidak memiliki darah keturunan Indonesia, yang mana hal tersebut adalah fakta karena memang ia keturunan Jerman, Jepang, China, namun ia hanya lahir di Indonesia. Terlebih, Agnez mengatakan bahwa perbedaan tersebut lah yang membuatnya lebih bisa menghargai perbedaan di Indonesia.

Itulah 8 hal yang paling bikin viral dari seluruh dunia selama tahun 2019. Sekarang, apakah kamu siap menyambut dekade baru dengan hal-hal yang jauh lebih menarik menanti di depan?

Instagram: @awkarin

Oleh: Tommy Pradana