Natal dan tahun baru sudah tinggal menghitung hari. Tentunya, kamu perlu mempersiapkan sesuatu yang spesial untuk merayakan dua momen berharga pada bulan Desember ini. Tidak perlu mahal, kok. Kamu bisa merayakan Natal dan tahun baru dengan liburan hemat.

Semua selalu ada caranya asalkan kamu bisa mengolah kreativitas. Kamu bisa rayakan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 dengan liburan yang tidak menguras kantong. Simak tipsnya di bawah ini!

1. Mengajak Lebih Banyak Orang

Biasanya solo traveling jadi ide yang paling oke untuk liburan. Namun, jangan pernah ambil pilihan itu di malam Natal dan tahun baru, ya. Dua momen itu harus dirayakan bersama dengan keluarga, teman, atau orang tersayang. Jadi, pastikan kamu punya agenda dengan orang-orang tersebut saat liburan akhir tahun ini.

Selain lebih meriah, merayakan Natal dan tahun baru dengan orang-orang dekat juga bisa bikin kamu berhemat, loh. Jika memang mau pergi ke luar kota, kamu bisa menghemat beberapa pengeluaran. Sebut saja pengeluaran transportasi penyewaan kendaraan dan penginapan yang bisa dibayar dengan sistem patungan.

2. Tak Harus Pergi? Liburan Saja di Rumah

Tidak ada yang mewajibkan kamu harus pergi ke luar kota atau luar negeri pada akhir tahun, kok. Memilih rumah sebagai destinasi liburan budget kamu pastinya sebuah keputusan bijaksana. Syaratnya tetap harus mengajak lebih banyak orang untuk bikin suasana lebih ramai dan heboh dengan menyediakan berbagai macam games.

Melakukan ide potluck untuk setiap orang yang datang juga bukan ide yang buruk. Jadi, kamu bisa mendapatkan variasi makanan untuk merayakan malam Natal dan tahun baru. Jika memang memungkinkan, kamu bisa memasaknya bersama-sama. Pasti lebih seru.

3. Manfaatkan Promo Akhir Tahun

Pada masa liburan, penyedia transportasi dan penginapan pasti akan menaikkan harga melihat banyaknya permintaan. Hal itu sudah jadi hal yang lumrah, kok. Namun, di saat yang berdekatan, mereka juga memberikan promo potongan harga, loh.

Promo-promo tersebut biasanya diberikan beberapa hari sebelum Natal tiba. Jika memang mau mendapatkannya, kamu harus mulai berburu dari sekarang. Semakin dekat dengan tanggal 25 Desember, harga yang ditawarkan akan semakin melonjak

Buat kamu yang memang niat mendapatkan promo, coba cek juga situs-situs hotel di kota kamu. Beberapa hotel biasanya mengadakan paket bundling penginapan dan makan malam romantis. Siapa tahu kamu bisa mendapatkan harga spesial dan kamu mendapatkan pengalaman staycation terbaik.

4. Wisata Kuliner Sepanjang Malam

Lupakan bar atau restoran fancy di malam Natal. Kamu bisa memulai mengunjungi warung tenda atau jajanan kaki lima di tempat-tempat hits. Pada malam Natal dan tahun baru, tempat-tempat seperti itu akan ramai dan buka sampai dini hari. Perayaan liburan akhir tahun juga jadi momen yang tepat untuk mencoba hal baru, bukan?

Sebaiknya kamu hanya mencicipi beberapa makanan saja dan berpindah ke tempat lainnya. Jika memang perut kamu sudah cukup kenyang, segera kunjungi tempat makan yang punya menu minuman terbaik untuk bersantai sejenak.

Setelah 2 – 3 jam, kamu bisa lanjut lagi ke tempat makan selanjutnya. Percayalah, melakukan ini bisa lebih murah ketimbang harus pergi liburan ke luar negeri.

5. Datangi Pesta Rakyat

Bisa dipastikan, hampir di seluruh sudut kota yang kamu datangi akan ada pesta perayaan Natal dan tahun baru. Jika ingin lebih berhemat lagi, datangi saja tempat tersebut. Beberapa pesta rakyat biasanya bisa didatangi tanpa tiket masuk alias gratis.

Dalam pagelaran tersebut biasanya ada bazar pernak-pernik lucu dan jajanan murah meriah, loh. Beberapa pesta rakyat malah memberikan atraksi pertunjukkan yang bisa sangat menghibur. Untuk malam tahun baru, letusan kembang api sudah pasti bisa kamu nikmati di langit malam saat pergantian tahun.

Sudah menentukan akan pergi ke mana di malam Natal dan tahun baru nanti? Ajak orang-orang tersayang kamu untuk merayakannya bersama pada tahun ini.

Semoga tahun ini jadi perayaan yang paling tak terlupakan dan kamu siap untuk menyambut tahun 2020 dengan semangat baru.

Kredit Foto: Unsplash.com

Oleh: Ade K Irawan