Seiring dengan peluncuran film Disney’s, Raya and the Last Dragon, dan untuk merayakan film pertama Walt Disney Animation Studios yang terinspirasi dari keragaman budaya Asia Tenggara, 4 penyanyi terkenal Raisa (Indonesia), Matthaios (Filipina), Sprite (Thailand) dan Yonnyboi (Malaysia) berkolaborasi dalam sebuah lagu spesial berjudul Trust Again.

Sebuah lagu yang diracik oleh Timothy Tatsuro Tsuhimi ini, mengangkat nilai-nilai kepercayaan dan persahabatan dalam kehidupan. Nilai itu pun yang menjadi pesan utama dalam film garapan Walt Disney Pictures tersebut. Dimana esensinya mengangkat perihal perayaan akan keanekaragaman budaya di wilayah Asia Tenggara.

Raisa yang terlibat didalamnya merasa sangat bangga akan kerjasamanya dengan Disney’s. Menurutnya banyak pengalaman unik yang dirasakan istri Hamish Daud ini dalam proyek musikal ini.

"Merupakan sebuah kebanggaan bagi saya untuk menjadi bagian kolaborasi spesial dari Disney Southeast Asia. Lagu ini merupakan sebuah karya spesial yang memberikan pengalaman unik untuk saya, karena dapat berkolaborasi dengan musisi dari beberapa negara dengan latar genre yang berbeda. Sama seperti nilai dalam film ini, lagu Trust Again membuktikan bahwa persatuan dalam perbedaan mampu menciptakan keharmonisan,” ungkap Raisa dalam sebuah sesi wawancara dengan awak media baru-baru ini.

Kolaborasi musik multi-teritori ini merupakan pertama dalam jenisnya di wilayah ini, dan menjadi sebuah pencapaian penting dalam komitmen Disney untuk terus berkolaborasi dengan talenta-talenta lokal berbakat untuk menghadirkan konten hiburan berkualitas bagi penonton di Asia Tenggara.

Fans Raisa dapat mendengarkan suara indah idolanya yang indah dalam chorus. Selain itu, deretan elemen-elemen budaya Asia Tenggara lainnya juga hadir dalam lagu ini melalui lirik dan melodi. Ada Yonnyboii yang mampu mengaitkan makanan seperti “satay dan nasi lemak” di verse pertama. Kemudian Matthaios, dalam bahasa Tagalog menyebutkan “aku adalah sekutumu seperti Aris” senjata asal Filipina yang digunakan oleh Raya dan di bagian lagu yang dibawakan oleh SPRITE, dengan penuh perasaan pada verse terakhir menyebut Tuk Tuk, moda transportasi populer di Thailand yang juga nama salah satu karakter dalam filmnya.

Lagu ini juga mengandung unsur instrumen musik etnik Asia Tenggara seperti Seruling, Perkusi Etnik, Jaw Harp, Angklung, Ensemble Thailand, Gamelan dan Suling Sunda. Mastering lagu dilakukan oleh Mastering Engineer pemenang Grammy Award, Chris Athens, lagu ini tak diragukan menjadi sebuah penggerak atas tema yang bersifat universal yaitu kepercayaan.

“Sangat senang menjadi bagian dari proyek ini! Disney selalu memiliki tempat istimewa di hati saya dan fakta bahwa ini adalah lagu orisinal untuk Perempuan Asia Tenggara pertama membuat saya sangat bahagia! "Trust Again" akan dirilis pada 12 Maret,” tutup Raisa. (herco / foto : dok.umusic)