Twitter belum lama ini membagikan data tentang cuitan artis K-Pop sepanjang 2020. Lewat data yang dikeluarkan, terungkap negara-negara yang memiliki volume tweet terbanyak tentang K-Pop.

Diketahui telah ada lebih dari 6,1 miliar cuitan tentang KPop dari seluruh dunia.

Ternyata Indonesia ikut duduk di tiga posisi teratas sebagai negara paling banyak yang membahas tentang K Pop di sepanjang tahun ini dari kiraan periode Juli 2019 sampai Juni 2020.

Negara di posisi pertama paling tinggi volume di Twitter adalah Thailand, diikuti oleh Korea Selatan, dan Indonesia.

Sementara topik yang diperbahaskan termasuklah tentang aktivitas grup dan lagu K Pop yang mendapat perhatian paling banyak.

Boy group BTS berhasil menjadi artis K-Pop yang mendapatkan mention paling banyak di dunia diikuti EXO di posisi kedua dan GOT7 berada di posisi ketiga.



Tak hanya itu, Blackpink dan Twice menjadi dua girl group yang mampu masuk ke dalam 10 artis Korea dengan mention paling banyak.

Stray Kids, ATEEZ, TXT, IZ*ONE, SuperM, AB6IX, WayV, CIX, LOONA, dan ITZY pula menjadi nama group K-Pop idol yang paling cepat bersinar dalam satu tahun terakhir.

Beralih kepada data lagu pula, single EXO berjudul Obsession ada di posisi utama diikuti oleh lima lagu BTS yaitu ON, Boy With Luv, Black Swan, Shadow, dan DNA.

Lagu How You Like That milik Blackpink dan Jopping dari SuperM juga tenar berkat Twitter.

Kredit Foto: Pinterest
Twitter: @Twitterdata

Oleh: Maliah Surip