,
Nusantara

Gitaris Legendaris Van Halen Berdarah Indonesia Meninggal Dunia, Deretan Musisi Indonesia Sampaikan Salam Duka

Gempak ID
07/10/2020
12:35 MYT
Gitaris legendaris band rock Van Halen, Edward Lodewick van Halen meninggal dunia di Santa Monica, California, Amerika, waktu (6/10) waktu setempat.
Pria yang akrab disapa Eddie Van Halen ini menghembuskan nafas terakhirnya pada usia 65 tahun, setelah berjuang melawan kanker tenggorokan sekitar 10 tahun lamanya.
Wolf van Halen, mengungkapkan kesedihannya dalam melepas kepergian sang ayah, yang dimatanya sebagai ayah terbaik yang pernah dimiliknya.
“Saya nggak percaya harus menulis ini, tetapi ayah saya Edward Lodewick Van Halen telah melepas perjuangannya yang panjang dan sulit melawan kanker,” tulis putra Eddie, Wolf van Halen diakun Instagram @wolfvanhalen.
“Dia adalah ayah terbaik yang pernah saya punya. Setiap momen Eddie Van Halen baik di atas panggung maupun di luar panggung adalah sebuah hadiah yang istimewa. Hatiku hancur dan kurasa aku tidak akan pernah pulih sepenuhnya dari kehilangan ini. Aku sangat sayang padamu, Pop,” sambung Wolf.
Bicara kemampuannya, majalah Billboard pernah menyebutnya sebagai “The Last Guitar God” pada cover story-nya edisi bulan Juni tahun 2015.
Hal yang serupa diungkapkan vokalis Kiss, Gene Simmons. Simmons menyebutnya sebagai Guitar God, karena skill gitarnya seperti Mozart di era modern.
Nggak usah heran kalo kepergian gitaris berdarah Indonesia ini sempat menjadikan topik hangat di berbagai platform sosial media di seluruh dunia hari ini, Rabu (7/10).
Pun begitu di Indonesia. Para fans yang tumbuh di era 80-90 an merasakan kesedihan yang mendalam dan menyampaikan salam duka. Termasuk juga sejumlah musisi Indonesia yang mengidolainya.
Mulai dari David ‘Naif’, Eet Sjahrani, Coki ‘NTRL’ hingga Piyu ‘Padi’ ikut menyampaikan salam duka dengan menyertai foto-foto ikonik Van Halen di akun sosial medianya.
“Selamat jalan Eddie Van Halen,” tulis David, si akun twitternya @davidbayu.
“Terima kasih @eddievanhalen atas musik yang kau berikan dan selalu menginspirasi saya untuk menjadi lebih baik. Rest in power Guru!,” tulis gitaris punk rock NTRL, Coki di akun instagram @coki_bollemeyer.
“Hari yang menyedihkan! Terima kasih atas master musik. R.I.P @eddievanhalen,” tulis gitaris EDANE, eetsjahranie diakun instagramnya @eetsjahrani.
#ripvanhalen Nggak kalimat yang bisa diungkapkan,” tulis Piyu ‘Padi’ di akun Instagram @piyu_logy.
Sekedar informasi, Eddie Van Halen lahir di Amsterdam, Belanda, 26 Januari 1995 dan dibesarkan di California bersama sang kakak laki-lakinya, Alex.
Band yang ngetop lewat sejumlah lagunya seperti Jump, Dreams, Runnin’ with the Devil, When It’s Love, Why Can’t Be This Be Love hingga Love Walks In ini, sering kali menyebut kalo dirinya berasal dari Indonesia di sejumlah wawancara.
Dan memang benar, Eddie dan Alex lahir dari pasangan Jan Van Halen seorang saksofonis asal Belanda keturunan Swedia dan Eugenia Van Beers, wanita berdarah Eropa-Indonesia yang berasal dari Rangkasbitung, Banten. Keduanya dipertemukan karena satu hal, musik.
Kredit Foto: Getty Images, Rolling Stones
Oleh: Ryks
Topic Berkaitan
Must-Watch Video
Hiburan

Isteri Rody Kristal Kongsi Cabaran Hamil Anak Ketiga - “Tak Boleh Masak, Nak Pitam, Nampak Padang Bola Okay”

gempak
06/08/2024
12:55 MYT
Isteri gitaris kumpulan Kristal, Rody iaitu Niena Azman kini hamil anak ketiga.
Hollywood

Nampak Ganas, Gitaris Band Nu Metal Korn Tubuhkan Pusat Rawatan Kesihatan Mental

gempak
21/01/2024
14:08 MYT
Brian Head Welch mungkin terkenal dengan pembabitan dalam kumpulan nu metal dan muzik bising yang dimainkan Korn.
Laman Utama

Dakwa Kerap Berlaku Geseran, Gitaris Buang Put*ng Payudara

gempak
26/09/2023
14:55 MYT
Seorang gitaris terkenal Jepun mengejutkan netizen apabila mendedahkan telah membuang puting payudaranya.
Laman Utama

Tujuh Vibrato Gitar Himpun Gitaris Tersohor, Bakal Bikin Tanda Aras Baharu

gempak
26/09/2023
10:07 MYT
Tujuh Vibrato Gitar mungkin menjadi satu-satunya panggung yang akan menampilkan gitaris sebagai hero
Laman Utama

"Dah Tak Rahsia Dah!" - Lia Aziz Kini Isteri Gitaris Treehill, Arash Azimi

gempak
23/07/2022
06:21 MYT
Dengan satu lafaz, bintang Big Stage 2022, Lia Aziz telah selamat diijabkabulkan bersama pemain gitar kumpulan Treehill, Arash Azimi Anuar di Masjid Al-Amin, Selangor, pada Sabtu.