,
Nusantara

Parasite Pecah Rekor Industri Film Korsel, Menang di Golden Globe 2020

Gempak ID
06/01/2020
05:59 MYT
Film Parasite memecah rekor perfilman Korea Selatan setelah dinobatkan sebagai pemenang Best Foreign Language Film Golden Globe Awards 2020.
Karya sutradara Bong Joon-ho itu menjadi film pertama yang memenangkan kategori tersebut dalam Golden Globe Awards 2020 yang diselenggara di Amerika Serikat pada Minggu (5/1/2020).
Parasite mengalahkan empat pesaing lainnya yakni The Farewell (Amerika Serikat), Les Misérables (Prancis), Pain and Glory (Spanyol) dan Potrait of Lady on Fire (Prancis).
Joon ho mengaku takjub dan bersyukur dengan pencapaian Parasite di Golden Globe 2020. Pasalnya, film itu tidak masuk ke kategori Best Picture Award karena sepenuhnya menggunakan Bahasa Korea.
"Wow, menakjubkan tak bisa dipercaya," kata Bong Joon-ho yang merasa terhormat setelah menerima piala di atas panggung.
Kepada The Hollywood Reporter, sutradara itu mengatakan ia menggunakan satu bahasa yang biar tidak difahami, namun diterima oleh audiens di seluruh dunia.
"Saya rasa kami hanya menggunakan satu bahasa yakni bioskop," ucapnya.
Parasite juga menjadi salah satu film terlaris di Korea Selatan sepanjang 2019. Sang sutradara mengangkat kisah kesenjangan kehidupan dua keluarga.
Keluarga pertama beranggotakan Kim Ki-taek, supir cabutan yang menikah dengan istrinya Choong Sook bersama dua anak berusia belasan tahun di sebuah apartemen bawah tanah yang tak layak huni.
Mereka semua pengangguran hingga akhirnya Ki-woo, putra keluarga tersebut, berkesempatan kerja di rumah keluarga Park yang kaya raya. Perlahan, seluruh anggota keluarga Kim bekerja di rumah keluarga Park.
Satire kehidupan keluarga tersebut dibungkus secara apik dengan bumbu komedi gelap ala Bong Joon-ho.
Kredit Foto: The New Yoker, The Hollywood Reporter
Oleh: Maliah Surip
Topic Berkaitan
Must-Watch Video
Sukan

Olimpik Paris 2024: Tewas Bermaruah & Buat Pemain Korea Selatan Lap Air Mata, Goh Jin Wei Pejuang Sejati

gempak
31/07/2024
08:03 MYT
Kekalahan pemain badminton perseorangan negara, Goh Jin Wei untuk menjadi pemenang kumpulan H disifatkan bermaruah malah tetap mendapat pujian peminat kerana aksi cemerlangnya.
Hiburan

Mengaku Anak Angkat, Kim Jaejoong Beri Ibu Bapa RM18 Ribu Setiap Kali Jumpa

gempak
18/07/2024
14:50 MYT
Idola K Pop Kim Jaejoong mendedahkan dirinya adalah anak angkat yang diambil sejak kecil dan mempunyai lapan orang kakak dari keluarga tersebut.
Gaya Hidup

Kecoh Mahalini ‘Buat Hidung’,  4 Artis Indonesia Ini Hampir Tidak Dikenali Lepas Buat Pembedahan Plastik

gempak
10/07/2024
07:51 MYT
Dunia hiburan Indonesia sedang heboh dengan penampilan baharu Mahalini yang didakwa melakukan pembedahan plastik pada bahagian hidungnya.
Hiburan

Rizky Febian ‘Buat Hidung’ Kerana Kesihatan Di Korea Selatan, Bagaimana Dengan Mahalini?

gempak
09/07/2024
11:58 MYT
Kekecohan mengenai penampilan baharu pasangan selebriti Mahalini dan Rizky Febian akhirnya terjawab.
Viral

Gara-Gara Tonton K-Drama, 30 Remaja Korea Utara Dihukum Mati, Penjara

gempak
08/07/2024
04:55 MYT
Pemerintah Korea Utara menjatuhi hukuman mati atau penjara seumur hidup terhadap 30 remaja negara itu kerana menonton drama Korea Selatan (K-Drama).