Indonesia punya banyak cerita di bulan Oktober 2019. Hal ini disebabkan karena ada banyak event yang terjadi tak jauh berselang. Sebut saja pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI terpilih periode 2019 – 2024. Masih ada lagi cerita dari pemerintahan negeri ini yang tidak kalah serunya.

Selain itu, masih ada juga cerita dari public figure yang menghiasi rangkaian portal berita online, baik dari dalam negeri maupun luar negeri. Simak berita viral yang terjadi di penghujung bulan Oktober 2019!

1. CEO Gojek Mundur

Bukan Presiden Joko Widodo yang mengambil panggung pada pelantikan pejabat tinggi negara. Namun, Jokowi bikin heboh masyarakat Indonesia dalam penunjukkan kabinet menteri yang akan membantunya. Sebut saja nama Prabowo Subianto, saingan Joko Widodo dalam pemilihan presiden, yang ditunjuk sebagai Menteri Pertahanan.

Satu nama lain yang kembali viral adalah Nadiem Makarim yang ditunjuk sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia dalam Kabinet Maju. Nadiem Makarim merupakan pengusaha yang sangat sukses dengan brand Gojek.

Perusahaan startup tersebut sudah dibesarkan bertahun-tahun oleh Nadiem hingga menjadi salah satu perusahaan Unicorn asal Indonesia. Sayangnya, penunjukkan Nadiem sebagai Menteri pun mengakhiri kariernya di Gojek. Bahkan, pemberitaan pengunduran diri Nadiem Makarim ini lebih dulu viral sebelum dirinya ditunjuk sebagai Menteri oleh Bapak Presiden RI.

2. Pembukaan Seleksi CPNS

Menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) merupakan impian sebagian besar masyarakat Indonesia. Banyak lulusan perguruan tinggi yang rela melakukan apa pun hanya untuk terdaftar sebagai PNS. Tak heran, apa pun informasi tentang penerimaan Calon PNS (CPNS) pasti menjadi viral.

Akhir Oktober 2019 ini, Kementerian Keuangan (Kemenkeu) pun membuka 200 lebih lowongan. Berita ini sangat cepat menyebar ke segala penjuru, mulai dari media sosial sampai dengan aplikasi berkirim pesan. Mungkin kamu juga jadi salah satu orang yang menerima pesan berantai tentang informasi ini.

3. Cover Lagu Luar Biasa

Bukan kali pertama boyband K-Pop NCT 127 membawakan kembali lagu dari musisi terkenal. Beberapa personelnya pernah meng-cover lagu Breathin dari Ariana Grande dan I Like Me Better dari Lauv. Video cover lagu Lauv yang dibawakan oleh Jaehyun tersebut sudah menjaring lebih dari 10 juta penonton.

Kali ini Doyoung dan Haechan yang beraksi dengan membawakan lagi Cinta Luar Biasa dari Andmesh Kamaleng. Video yang diunggah pada 27 Oktober 2019 ini pun langsung mendadak viral. Dua personel NCT itu pun membawakan lagu berbahasa Indonesia dengan sangat fasih dan merdu. Jadi, sudah nonton videonya?

4. Pengakuan Young Lex dan Eriska

Young Lex selalu tampil dengan kontroversi di internet. Mungkin para warganet belum luntur ingatannya saat rapper asal Indonesia ini mengeluarkan karya-karyanya di YouTube. Bukan hanya karyanya saja, Young Lex pun terkenal dengan ceritanya yang juga bikin heboh.

Pada pertengahan tahun 2019 lalu, Young Lex menikah dengan Eriska Nakesya. Namun, kabar ini baru ketahuan pada Oktober 2019 saat media mendapati Eriska sudah mengandung 7 bulan. Young Lex pun buka suara dengan memberitahukan ke publik bahwa pernikahannya itu terjadi akibat Eriska sudah hamil duluan.

Sebenarnya bukan berita besar itu yang ingin diangkat oleh Young Lex. Dirinya ingin memberitahu semua orang bahwa dirinya menjadi pria yang bertanggung jawab atas perbuatannya.

Sekarang, Young Lex dan Eriska sedang menunggu kelahiran buah hatinya yang kemungkinan akan datang di akhir tahun 2019.

5. Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia

Kabar viral lainnya datang dari dunia olahraga. FIFA baru saja mengumumkan bahwa Indonesia akan menjadi tuan rumah dari penyelenggaraan Piala Dunia U-20 tahun 2021.

Hal ini tentu menjadi pencapaian lain dari persepakbolaan Indonesia yang tidak terlalu menonjol di mata dunia.

Dengan kata lain, Tim Nasional Indonesia U-20 sudah pasti dijadwalkan akan ambil bagian dari penyelengaraan itu. Jelas itu jadi kabar baik untuk masyarakat Indonesia yang ingin menyaksikan atletnya ada di kejuaraan tertinggi di dunia.

Ya, kapan lagi Indonesia main di Piala Dunia, kan?

Itu dia rangkuman berita yang sempat viral di akhir Oktober 2019 ini. Nah, mana berita yang terlewat olehmu? Mana juga berita yang paling menarik perhatian?

Kredit Foto: Jakarta Post, Beritatagar.id, inibaru.id
Instagram: @younglex

Oleh: Ade K Irawan