Robbie Williams telah menikmati ketenaran sejak lama saat bergabung di grup Take That dan namanya terus melejit dengan karir solonya sehingga kini.

Namun, dikarenakan terlalu tenar dan menjadi pesohor malah telah membuat pria ini mengidap agrophobia. Agrophobia adalah definisi bagi ketakutkan berlebihan untuk keluar rumah.

"Karierku melejit dengan pantas dan telah membawa aku ke Mars. Aku perlukan masa untuk kembali bertenang," ungkapnya seperti dilansir dari Stuff.co.nz yang mengutipnya dari koran The Sun.

Rahasia dirinya pernah mengidap agrophobia itu dibeberkan Williams pada Minggu (14/7/2019).

Dirinya mengungkapkan sempat mengidap agrophobia selama tiga tahun yakni di sekitar tahun 2006 hingga 2009 silam.

Kendati itu, dia menolak banyak tawaran kerja yang datang kepadanya termasuk menggantikan Siwon Cowell di kerusi juri American Idol dengan tawaran yang cukup lumayan.


"Aku ingat pernah ditawarkan sebanyak 15 juta poundsterling untuk menggantikan Simon Cowell di American Idol dan punya tawaran manggung di konser skala besar di Amerika Serikat.

"Tapi aku menolaknya karena tidak sanggup meninggalkan sofa. Aku hanya tak bisa," katanya.

Williams juga mengaku sepanjang tiga tahun itu otaknya melarang untuk dia keluar rumah dan pergi ke mana mana termasuk atas urusan kerja.

"Ia adalah pikiranku yang melarang tubuhku pergi. Pikiranku bilang tunggu, jadi aku hanya duduk dan menunggu.

"Aku mengidap agoraphobic di sekitar tahun 2006 sehingga 2009. Dan di tahun itu aku hanya menghabiskan masa dengan memakai kaftan kasmirm makan Kettle Chips dan menumbuhkan jenggot serta diam di rumah," kenangnya lagi.



Ajaibnya, Williams sembuh dari agoraphobic lewat lagu milik The Killers berjudul Human.

"Aku teringat mendengarkan The Killers dan lirik di Human membuatkan aku tersadar. Aku lebih baik melakukan sesuatu, mengerjakan album dan tur," ceritanya.

Dirinya kemudian segera mendapatkan rawatan terapi dan reuni Take That di tahun 2009 adalah salah satu penyembuhan agrophobia yang dialaminya.

Setelah sesi terapi lebih lanjut, Williams kembali pada 2009. Ia juga berpikir reuni dengan Take That berperan sebagai pemulihan.

"Ia bukan hal yang mudah. Ia seperti mengalami kecelakaan mobil dan kemudian belajar berjalan lagi.

"Jika bukan karena Take That, dan bergabung kembali dengan mereka, aku tidak tahu apakah aku bisa kembali," pungkasnya yang berterima kasih kepada personel Take That yang lain karena banyak membantunya pulih sekaligus kembali bekerja.

Instagram: @robbiewilliams

Oleh: Maliah Surip