Artis Anji Manji sedang heboh dibicarakan di dunia hiburan Indonesia. Pasalnya, mantan personil band Drive ini dikabarkan berseteru dengan dua band Indonesia, Dadali Band dan The Jawara. Perseteruan ini bahkan melibatkan ancaman dari salah satu pihak yang terlibat. Bagaimana kronologinya?

Awal Mula Perseteruan Terjadi

Perseteruan dipicu oleh video yang diunggah Anji dalam kanal Youtube miliknya. Video berjudul ‘RIZKY FEBIAN BIKIN ALBUM KOK BEGINI?’ tersebut sebenarnya ditujukan untuk mengulas packaging album penyanyi RIzky Febian yang menurut Anji menarik. Sayangnya, terdapat beberapa bagian dalam video Anji yang menyinggung Dadali Band dan The Jawara.

Dalam videonya, Anji sempat membandingkan packaging album Rizky Febian yang dianggapnya keren dengan album milik band lain.

“...Album-album kebanyakan sekarang. Sorry ya, saya nggak menunjuk band-nya. Maksudnya, album kayak begini-begini. Cuma dibuka begini doang, terus ada CD, ada kertasnya. Kertasnya juga kualitasnya jelek,” sebut Anji sambil menunjukkan sebuah album.

Album hitam putih yang ditunjukkan oleh Anji tersebut rupanya merupakan album milik Dadali Band. Dalam videonya juga, album milik The Jawara juga sempat muncul sebagai pembandingan album Rizky Febian. Hal tersebutlah yang kemudian menyinggung kedua band tersebut.

Tanggapan Personil Dadali Band

Tidak terima albumnya secara terang-terangan ditampakkan di video Anji sebagai pembanding album Rizky Febian, Dyrga vokalis Dadali Band langsung memprotes Anji lewat unggahan di akun instagramnya dan meminta Anji untuk menghapus video tersebut.

Dalam protes tersebut, Dyrga memprotes Anji lantaran album bandnya yang dijadikan contoh tanpa disensor. Selain itu, Dyrga juga menyampaikan beberapa kalimat provokatif seperti mengajak Anji berkelahi serta kalimat lainnya seperti, “Lu dah males nyanyi dan males idup kali yah..,” atau yang dapat diartikan sebagai, “Kamu sudah malas bernyanyi dan malas hidup, ya?”

Tanggapan The Jawara

Berbeda dengan Dadali Band, The Jawara memilih untuk menerima kritikan Anji sebagai sebuah masukan yang sah-sah saja dilakukan siapapun. Meski sempat marah, The Jawara memilih untuk menyikapinya dengan bijak dan dengan secara langsung menghampiri Anji untuk membahas permasalahan ini.

Penyelesaian Masalah

Anji menyelesaikan perseteruan dengan Dadali Band dan The Jawara dengan cara yang berbeda. Kepada Dyrga Dadali Band, Anji menyampaikan penjelasan sekaligus permohonan maaf.

“Saya nggak bilang, saya nggak ngomong bandnya dan saya cuma ngomong soal packaging. Tapi kalau merasa tersinggung, saya minta maaf. Kalau mau dilanjutin, silakan. Itu doang,” tutur Anji saat diwawancarai di Kebagusan, Jakarta Selatan, Minggu (30/12/2018).

Terkait penghapusan video yang diminta oleh Dyrga Dadali Band, Anji merasa keberatan untuk melakukannya karena video tersebut merupakan video pujian untuk album Rizky Febian.

Berbeda dengan caranya menanggapi Dadali Band, The Jawara ditanggapi oleh Anji dengan lebih ramah. Anji mengundang The Jawara untuk hadir dalam vlog-nya dan memberi tanggapan. Dalam vlog tersebut, gitaris The Jawara, Tile, mengatakan bahwa mereka menerima kritik dari Anji.

“Gue ngomong kok ke manajemen, Mas Anji itu udah beli CD kita dan dia kritik dan dia berhak. Apapun gitu kritikannya ya kita terima. Justru kita mikir nih, bahkan gue balikin ke manajemen, ‘Ini kritikan buat kita atau kalian (manajemen) sih?’” ucap Tile.

Vlog berjudul ‘BUKAN DADALI, THE JAWARA TIDAK MARAH. KENAPA??’ ini telah ditonton oleh 800.000 orang lebih pada Kamis (10/1/2019).

Oleh: Rahina Adani