Billie Eilish resmi merilis film pendek dengan judul Not My Responsibility belum lama ini setelah sebelumnya ia harus ditayangkan saat pembukaan tur Billie Eilish di beberapa negara namun ditunda karena terancam pandemi corona.

Dibikin dengan latar berwarna hitam dan musik suram, Not My Responsibility menyinggung isu body shaming.

"Not My Responsibility. Sebuah film pendek yang dibuat dan dilihat saat tur. Dibuat oleh Billie Eilish," tulis Billie Eilish di Instagram, Rabu (27/4).

Solois itu dilihat tampil di film pendek tersebut sambil membuka pakaiannya satu per satu sebelum tenggelam ke dalam air. Ia kemudian mempertanyakan banyak hal mengenai persepsi publik terhadap dirinya.

"Semua punya opini dan pendapat tentang saya, musik dan pakaian serta tubuh saya.

"Ada yang benci ada yang memuji. Ada juga yang menggunakannya untuk mempermalukan saya," ucapnya pada awal narasi film pendek tersebut.

Pelantun yang cukup tenar saat ini juga mempertanyakan apakah yang publik inginkan dari dirinya.

"Apakah Anda ingin saya lebih kecil? Lebih lemah? Lebih lembut? Lebih tinggi? Apakah Anda ingin saya diam? Apakah bahu saya merangsang Anda? Apakah dada saya? Apakah perut saya? Pinggul saya?" lanjutnya.

Sebelumnya film tersebut dibuat langsung oleh Billie Eilish dan tayang perdana saat tur konser dunianya yang bertajuk Where Do We Go? di Miami, awal tahun 2020.

a short film originally produced for and seen on tour made by billie eilish

A post shared by BILLIE EILISH (@billieeilish) on


Instagram: @billieeilish

Oleh: Maliah Surip