Anggota boyband Super Junior Choi Siwon memang cukup dekat dengan masyarakat Indonesia.

Saking dekatnya ia dengan Indonesia, Siwon dilihat telah mengunggah sebuah surat penyemangat dirinya dalam beberapa bahasa.

Tentulah salah satu bahasa yang digunakan oleh Siwon untuk memberikan semangat kepada para penggemarnya di berbagai negara untuk terus melawan wabah virus corona Covid-19 adalah Bahasa Indonesia.

"Dengan dampak dari virus corona (Covid-19) dan dipenuhi dengan ketakutan untuk masa depan yang tidak pasti disertai kebingungan dan kesulitan besar," kata Siwon dalam unggahan berbahasa Indonesia, Minggu (22/3).

Siwon pun melanjutkan dan merasa optimis bahwa bencana yang sedang mengguncang dunia ini pasti akan pulih.

"Tetapi kita percaya bahwa musim semi pasti akan datang setelah musim dingin, bencana pasti akan dipulihkan, diperbarui dan juga seperti halnya hati kita yang terluka akan sembuh, kita akan bangkit berdiri lagi," tulisnya lagi.

Di unggahan foto di akun Instagramnya, @siwonchoi, ia juga menuliskan akan terus berdoa agar bencana ini pulih. Ia juga percaya pembatasan akan dibuka kembali dan semua bisa berkumpul dengan yang tersayang pada saatnya tiba.

"Saya percaya bahwa berbagi kasih dan perhatian, dorongan yang hangat dan bahkan hal-hal kecil pada saat-saat seperti ini akan menyembuhkan semua ini.

"Dalam waktu singkat, saya menunggu perbatasan akan dibuka kembali dan orang-orang yang baik akan berkumpul, bersukacita dan berbahagia lagi.

"Kita semua pasti bisa berdiri bersama lagi. Saudara-saudara, kita pasti bisa melewati ini. Mari bersorak bersama!

"Walaupun saya tahu ini hanya kekuatan kecil, saya akan berdoa. Salam,
Siwon Choi," tulis Siwon.

Selain menuliskan harapan dan doanya dalam Bahasa Indonesia, Siwon juga menuliskan semangat buat seluruh dunia dalam Bahasa Korea, Bahasa Inggris, dan Bahasa Jepang dalam melawan pandemi Corona Virus ini.



Instagram: @siwonchoi

Oleh: Maliah Surip