Cita Citata membagikan sebuah perkongsian yang tak biasa buat netizen dan publik.

Lewat beberapa foto unggahannya di akun @cita_citata, penyanyi itu membeberkan kabar berkaitan dengan kesehatannya.

Ia mengaku telah lima tahun mengalami penyakit Streptococcus Tonsillitis atau pembengkakan amandel.

Dengan sebuah perkongsian yang cukup panjang ia blak blakan soal pengalaman dan bagaimana melawan penyakit yang sempay membuat dirinya kaget saat melihat banyak merah bentol dan gatal di kulitnya.

"Hi semua.. aku ingin berbagi pengalamanku melawan penyakit yang aku hadapi 5 tahun terakhir. Gejala mulanya menyerang kulitku. Hampir setiap hari aku selalu merah merah bentol dan gatalnya bukan main," buka Cita Citata dalam Instagram miliknya.

Lanjut Cita Citata, ia merasa sangat terganggu dengan beberapa faktor termasuk perubahan cuaca.

"Pokoknya setiap kena benda yang agak sedikit tajam, perubahan udara dingin/panas langsung memerah,kena debu dan kotor juga. itu sangat mengganggu sekali," imbuhnya.

Tak ingin terus tersiksa, ia pun berusaha mulai dari check alergi sampai cari dokter dan profesor terbaik.

"Suntik steamcell, minum obat hingga vitamin, tapi ngga pernah ada hasil. Selalu nihil.

"Beberapa profesor bilang sistem imun ku yang terganggu dan aku selalu fikir aku baik baik saja .. ngga pernah ada sakit,lelah atau gampang capek.

"Tahun ke tahun aku mulai bodo amat dan kalau ada orang yang nanya “ko itu merah2?” Ya ampun kenapa kamu?”

"Udah ngga aku pedulikan, jawabannya cuma “alergi”," ceritanya lagi.

Sehingga akhir bulan lalu ia merasa badannya mulai meriang dan panas, Cita Citata mulai panik dan khawatir terinfeksi Corona.



"Tepat akhir bulan lalu badanku mulai meriang, panas ngga turun sampai 39Celcius .. aku mulai panik karna lagi ada virus corona ini.

"Lalu aku panggil dokter ke rumah dan aku di diagnosa sakit “Streptococcus tonsillitis” adalah pembengkakan amandel.

"Dokter menyarankanku untuk melakukan operasi pengangkatan. carilah aku jadwal karna after operasi aku pasti harus bedrest dan cuti.

"Sebelum operasi Swap, rapid check jantung dan lain lain, akhirnya operasi berjalan lancar. Dan amandelku ternyata memang sudah rusak, berlubang dan besar," kenang pedangdut ini.

Setelah operasi, perempuan cantik ini mengaku sudah mulai melihat gejala merah merah tidak ada, malah tak pernah merasa gatal dan bentol seperti sebelumnya.

"Eh tanpa aku sadari 2 hari pertama aku mulai melihat gejala merah merah itu sudah tidak ada, aku sudah tidak pernah merah, bentol dan gatal lagi.

"Ternyata memang amandel (tonsil) ini berperan penting untuk sistem kekebalan tubuh, tapi kalau sudah tidak berfungsi justru malah akan menjadi penyakit untuk tubuh kita sendiri, lanjutnya.

Kini, kondisi Cita Citata pun beransur pulih. Ia mengaku sedang dalam fase penyembuhan dan berbagi pengalamannya agar memberi manfaat kepada semua.

"Sekarang aku masih di fase penyembuhan paska operasi .. tapi masih ngga nyangka “alergi” ku sembuh dan ngga pernah kumat lagi.

"Semoga pengalamanku bermanfaat untuk kita semua. dan semoga kita semua selalu di berikan kesehatan oleh Allah Swt.

"Jangan lupa olahraga, jaga makanan dan pola makan serta selalu bersyukur," titipnya menutup pengalaman.

Instagram: @cita_citata

Oleh: Maliah Surip